JAKARTA - Verizon Business Network Services, sebuah unit dari perusahaan telekomunikasi raksasa Verizon, setuju membayar 4.1 juta dolar AS (Rp62,2 miliar) untuk menyelesaikan klaim dari pemerintah Amerika Serikat yang menyatakan bahwa mereka gagal mengikuti standar keamanan siber yang dibutuhkan, demikian yang diumumkan oleh Departemen Kehakiman AS.
Penyelesaian ini mengakhiri klaim bahwa layanan Verizon yang menyediakan agensi federal dengan koneksi internet yang aman dan jaringan eksternal lainnya tidak sepenuhnya memenuhi tiga kontrol keamanan siber yang dibutuhkan dalam kontrak-kontrak dari tahun 2017 hingga 2021.
"Ketika kontraktor pemerintah gagal mengikuti standar keamanan siber yang dibutuhkan, mereka dapat membahayakan keamanan informasi sensitif pemerintah dan sistem informasi," kata Deputi Asisten Jaksa Agung Michael Granston dalam sebuah pernyataan, dikutip Reuters.
BACA JUGA:
Verizon mengatakan bahwa pada tahun 2020 mereka "secara proaktif mengidentifikasi dan mengungkapkan" kepada Administrasi Layanan Umum potensi masalah dengan layanan keamanan yang mereka jual kepada beberapa agensi pemerintah federal. Mereka menambahkan bahwa pada setiap saat potensi masalah tersebut tidak mengakibatkan pelanggaran keamanan atau kebocoran data. Penyelesaian ini tidak membuat penentuan tentang tanggung jawab.
Departemen tersebut memberikan kredit kepada Verizon dan kontraktor pemerintah lainnya dalam penyelesaian dengan kontraktor pemerintah yang "mengungkapkan pelanggaran, bekerja sama dengan penyelidikan yang sedang berlangsung, dan mengambil langkah-langkah perbaikan, yang semuanya sangat penting untuk melindungi negara dari ancaman siber."