Bagikan:

JAKARTA - Pada Selasa, 5 September, Aliansi Jurnalis Independen atau AJI Indonesia secara resmi menyatakan bahwa akun instagram mereka, @aji.indonesia telah diretas sekitar pukul 11.00 WIB. 

Berdasarkan pantauan VOI pukul 15.30 WIB, pelaku peretasan tersebut mengunggah sejumlah iklan gadget, khususnya iPhone melalui akun tersebut. 

Menanggapi kejadian ini, Sasmito, Ketua Umum AJI Indonesia dalam pernyataan resminya mengatakan bahwa mereka telah melakukan upaya untuk memulihkan akun AJI. 

"AJI Indonesia telah berupaya melakukan sejumlah langkah, termasuk berkomunikasi dengan pihak Meta untuk memulihkan akun tersebut," kata Sasmito. 

Hingga artikel ini dibuat, akun tersebut masih dikuasai pihak lain dan terus mengunggah informasi penjualan HP. Selain itu, peretas juga menghapus seluruh stories yang ada di akun @aji.indonesia dan menggantinya dengan informasi penjualan HP.

Karena belum bisa dipulihkan, AJI Indonesia mengimbau warganet untuk mengabaikan konten yang beredar di Instagram AJI Indonesia agar tidak muncul kerugian ekonomi ataupun lainnya. 

"AJI Indonesia juga sedang berupaya mengidentifikasi serangan ini berkaitan dengan kerja-kerja AJI atau tidak. Sebab, upaya serangan digital ke AJI terus bermunculan dalam dua bulan terakhir, salah satunya ke website resmi AJI," pungkasnya.