Jupiter Dihantam Benda Langit, Apa Itu?
Planet Jupiter dihantam benda ruang angkasa kecil secara tiba-tiba. (foto: X @MASA_06R)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang astronom amatir baru saja menangkap video yang memperlihatkan Planet Jupiter dihantam benda ruang angkasa kecil secara tiba-tiba.

Akun astronomi amatir di X, MASA Planetary Log memposting video tabrakkan yang terjadi pada 28 Agustus pukul 12:45 ET, menampilkan rekaman yang menunjukkan semburan cahaya singkat dari Jupiter yang dikaitkan dengan dampak komet atau asteroid.

Benda langit itu lebarnya mungkin beberapa puluh meter. Ketika melaju melintasi langit Jupiter yang tinggi, ia menabrak molekul-molekul atmosfer dengan cepat menyebabkan gesekan dan pemanasan.

Akun tersebut juga berafiliasi dengan proyek Organized Autotelescopes for Serendipitous Event Survey (OASES) dan sistem Planetary Observation Camera for Optical Transient Surveys (PONCOTS).

Pengamatan independen lainnya dilakukan oleh astronom amatir China di kota Zhengzhou, Provinsi Henan. Sejatinya, peristiwa ini tidak mengherankan, Jupiter sudah tidak asing lagi dengan dampak itu.

Sebagai raksasa yang tersertifikasi, tarikan gravitasi bumi yang kuat dan kedekatannya dengan sabuk asteroid utama menempatkannya dalam bahaya.

Melansir Space, Senin, 4 September, peristiwa sebelumnya yang paling menonjol adalah pecahan komet Shoemaker-Levy 9, terfragmentasi bertabrakan dengan Jupiter pada 1994, meninggalkan bukti di atmosfer yang dapat terlihat oleh para astronom selama berbulan-bulan setelahnya.