Bagikan:

JAKARTA - Meta Platforms Inc., sedang mempertimbangkan versi berbayar dari Facebook dan Instagram tanpa iklan untuk pengguna yang tinggal di Uni Eropa (EU) sebagai respons terhadap pengawasan dari regulator, seperti dilaporkan oleh New York Times pada Jumat, 1 September.

Mereka yang membayar langganan tidak akan melihat iklan, sementara Meta juga akan tetap menawarkan versi gratis dari aplikasi-aplikasi tersebut dengan iklan di Uni Eropa, demikian laporan tersebut mengutip tiga orang yang memiliki pengetahuan tentang rencana tersebut.

Laporan tersebut menambahkan bahwa langkah tersebut dapat membantu Meta mengatasi kekhawatiran privasi dan pengawasan lainnya dari Uni Eropa karena akan memberikan alternatif kepada layanan berbasis iklan perusahaan ini, yang bergantung pada analisis data pengguna.

Meta belum memberikan tanggapan atas permintaan komentar dari beberapa media.

Raksasa media sosial ini telah berada dalam sorotan regulator antimonopoli Uni Eropa dan kalah dalam pertarungan pada bulan Juli terhadap perintah Jerman tahun 2019 yang melarangnya mengumpulkan data pengguna tanpa izin.

Belum jelas berapa biaya versi berbayar dari aplikasi tersebut, demikian laporan NYT.