Bagikan:

JAKARTA - Harga token non-fungible (NFT) yang menampilkan Donald Trump mengalami lonjakan setelah berita mengenai foto mantan Presiden Amerika Serikat tersebut diungkap sebagai bagian dari kasus pidana yang melibatkan dia di negara bagian Georgia, atas dugaan percobaan menggagalkan kehendak para pemilih dalam pemilihan presiden 2020.

Menurut data dari pasar NFT OpenSea, harga dasar dari serangkaian kartu perdagangan digital Trump yang pertama kali dirilis pada Desember 2022 meningkat lebih dari 62%, dari 0.138 menjadi 0.224 Ether pada 24 Agustus, tak lama setelah foto mugshot mantan presiden tersebut diumumkan.

Gambar tersebut, yang menunjukkan Trump dengan ekspresi marah di kamera saat menyerahkan diri di Kantor Sheriff Fulton County, menjadi viral sebagai mugshot pertama dari presiden AS yang masih menjabat atau mantan presiden yang menghadapi tuduhan pidana.

Trump, yang sebagian besar membatasi aktivitas media sosialnya di platform Truth Social miliknya setelah dilarang oleh Twitter (kemudian disebut sebagai "X") pada Januari 2021 — dan kemudian diaktifkan kembali oleh CEO X, Elon Musk — pertama kali memposting di platform tersebut setelah lebih dari dua tahun dengan menggunakan foto mugshot tersebut.

Kasus pidana terhadap Trump di negara bagian Georgia mendakwa mantan presiden dan 18 sekutunya sebagai bagian dari skema kejahatan terorganisasi yang bertujuan untuk menggagalkan kehendak para pemilih dalam upaya memastikan dia terpilih kembali sebagai presiden AS pada 2020, meskipun telah kalah dari Joe Biden. Dakwaan itu diumumkan pada 14 Agustus, dan jaksa memerintahkan semua pihak terlibat menyerahkan diri kepada otoritas Georgia sebelum 25 Agustus.

Trump muncul pada 24 Agustus dan dibebaskan dengan jaminan 200.000 dolar AS (Rp3 miliar). Namun, dia masih menghadapi tuntutan federal di Distrik Columbia karena diduga berpartisipasi dalam skema yang melibatkan elektor palsu untuk meruntuhkan hasil pemilihan presiden 2020.

Dia juga telah didakwa dalam kasus dokumen rahasia yang diajukan oleh Departemen Kehakiman dan kasus pidana New York karena diduga memalsukan catatan bisnis terkait pembayaran diam-diam kepada bintang film porno Stormy Daniels.

Meskipun Trump saat ini adalah kandidat utama Partai Republik untuk nominasi pemilihan presiden 2024 dengan selisih yang cukup besar, dia tidak muncul bersama kandidat lain dalam debat partai pertama pada 23 Agustus. Gubernur Florida, Ron DeSantis — yang menurut banyak jajak pendapat adalah kandidat presiden utama Partai Republik di belakang Trump — telah berjanji untuk melarang mata uang digital bank sentral jika terpilih.

Vivek Ramaswamy, yang mendapatkan banyak perhatian online karena penampilannya dalam debat, sebelumnya berbicara dalam konferensi Bitcoin 2023 di Miami dan telah menyebut pemilihan 2024 sebagai "referendum terhadap mata uang fiat."