Spesifikasi Jet Tempur F-15 yang Dibeli Indonesia dari AS, Dibekali Fitur Canggih untuk Pertempuran
Menhan Prabowo Subianto dan tim bersama jet tempur F-15EX (Foto: dok. Boeing)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebanyak 24 unit pesawat tempur F-15EX bakal memperkuat armada TNI AU. Melalui Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Indonesia telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) pembelian pesawat tempur buatan Boeing tersebut. Lantas seperti apa spesifikasi jet tempur F-15EX yang disebut memiliki fitur canggih ini?

Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan, berhasil meyakinkan Amerika Serikat untuk menjual jet tempur F-15EX ke Indonesia. Penandatanganan MOU pembelian pesawat militer tersebut dilakukan oleh Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemenhan Marsekal Muda Yusuf Jauhari dengan Wakil Presiden Direktur Boeing Mark Sears di AS pada Senin 21 Agustus lalu. 

"Kami dengan senang hati mengumumkan komitmen kami untuk mendapatkan kapabilitas pesawat tempur F-15EX yang sangat penting bagi Indonesia," tutur Prabowo Subianto, dilansir dari situs Boeing.

Menhan Prabowo menegaskan bahwa pembelian pesawat F-15EX yakni untuk memperkuat pertahanan dan keamanan negara. Seberapa canggih spesifikasi jet tempur F-15EX baru buatan Boeing tersebut?

Spesifikasi Jet Tempur F-15EX

Jet tempur F-15EX - Eagle II adalah pesawat tempur generasi terbaru yang diproduksi oleh Boeing untuk USAF (Angkatan Udara AS). Jet tempur ini adalah iterasi terbaru dari F-15 Eagle Mission Design Series dan versi upgrade dari jet tempur generasi keempat F-15. 

Jet tempur F-15EX merupakan varian paling canggih dari keluarga pesawat F-15 dengan multi peran, mampu beroperasi di segala cuaca, dan dijalankan di siang dan malam hari. Selain itu, pesawat militer ini juga didukung dengan teknologi kontrol penerbangan digital fly-by-wire,  sistem peperangan elektronik baru, kemampuan perangkat lunak baru, kokpit digital serban kaca, dan lainnya. 

Tim media Prabowo mengklaim jet tempur ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya mampu mengangkut hingga 29.000 pound atau sekitar 13.380 kilogram muatan. Jet tempur ini sangat mendukung operasi militer udara arena dapat membawa banyak cadangan senjata. 

Berikut ini sejumlah spesifikasi dari jet temur F-15EX:

  • Layar Kokpitjet tempur ini dapat menampilkan arsitektur sistem misi terbuka (OMS) dengan sistem manajemen pertempuran canggih (AMBS), sehingga memungkinkan integrasi cepat dari teknologi pesawat terbaru dan mempertahankan relevansi platform selama beberapa dekade mendatang.
  • OMS juga dapat memberikan kemampuan dalam beroperasi secara mandiri saat kondisi isolasi dan terhubung kembali ke jaringan cloud global ketika situasi memungkinkan. 
  • Sejumlah fitur canggih yang mendukung pengoperasian jet tempur ini, di antaranya sisitem peperangan elektronik (EW) baru, sensor dan radar modern, sistem kokpit canggih, hingga sistem misi terbaru dan kemampuan perangkat lunak. 
  • Jet tempur ini dilengkapi dengan dua tempat duduk canggih yang panjangnya 19,45m, lebar 13,05m, dan tinggi 5,64m. 
  • Jet tempur ini memiliki berat kosong 15.400kg dan berat lepas landas maksimumnya 37.000kg. 
  • Kecepatan terbang jet tempur ini yakni Mach 2,5 sehingga menjadi salah satu jet tempur tercepat di dunia. 
  • Jet tempur ini mampu menjangkau 1.200nm sehingga dapat menyerang target yang jauh. 
  • Jet tempur ini akan didukung dengan kontrol penerbangan fly-by-wire dan radar active electronically scanned array (AESA) APG 82(V)1 sehingga dapat menjangkau lebih jauh dan mampu lintas multi target yang akurat dan keterlibatan presisi. 
  • Radar yang dimiliki jet tempur ini dapat mendeteksi, mengidentifikasi, dan melacak beberapa target udara dan permukaan pada jarak yang lebih jauh, serta pengambila keputusan yang terinformasi lebih cepat saat situasi konflik. 
  • Jet tempur ini juga dilengkapi dengan berbagai jenis senjata, mulai dari rudal udara, bom, dan senjata pelengkap lainnya. 

Demikianlah spesifikasi jet tempur F-15EX yang diklaim lebih canggih dari generasi sebelumnya. Dengan tambahan armada baru di TNI AU, militer udara Indonesia bakal semakin kuat. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.