Google dan YouTube bakal Kucurkan Dana Lebih dari Rp2 miliar untuk Digitalisasi UKM
#FlexingLokal bareng Google dan YouTube di Solo (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google dan YouTube mengumumkan kemitraan barunya dengan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) dan SMESCO, dengan memberikan lebih dari Rp2 miliar kepada UKM yang memenuhi syarat di seluruh Indonesia untuk beragam alat pemasaran digital. 

Selain itu, kemitraan ini juga menghadirkan lokakarya pelatihan UKM dan kampanye sosial yang disebut #FlexingLokal #BarengGoogledanYouTube, dengan mengusung tema “Transformasi UMKM untuk Masa Depan.” 

"Saya sangat mengapresiasi bagaimana YouTube dan Google mendukung transformasi digital UMKM di Tanah Air, salah satunya melalui pelatihan maupun dukungan untuk membantu mengembangkan usaha mereka di online," kata Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki dalam sebuah pernyataan yang diterima VOI pada Minggu, 13 Agustus. 

Dengan dukungan ini, Teten berharap mampu mengakselerasi pencapaian target pemerintah 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital, di mana saat ini lebih dari 22 juta UMKM telah onboarding.

“Sejak 2017, Google telah melatih lebih dari dua juta pemilik usaha di seluruh negeri. Selaras dengan pemerintah, kami berkomitmen untuk memberikan akses ke peluang yang sama dan berharap dukungan ini akan membantu lebih banyak usaha mengembangkan usaha mereka di online dan menemukan pelanggan baru," ujar Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia. 

Di sisi lain, untuk meningkatkan keterampilan pendorong ekonomi kreatif, kemitraan dengan SMESCO akan berfokus pada empat industri: pariwisata, gaya hidup (F&B dan Fashion), media dan entertainment, juga dengan pengembang gim dan aplikasi. 

Rendy pun percaya bahwa keterampilan pemasaran digital telah meningkat dan menghasilkan keterlibatan pelanggan yang lebih besar. Menurut survei yang dilakukan, sebanyak 73 persen pemilik bisnis kecil mengatakan bahwa YouTube sangat penting bagi pertumbuhan bisnis mereka. 

Bertempat di studio rekaman bersejarah Lokananta di Solo, Jawa Tengah, YouTube dan Google menghadirkan beragam pelatihan mulai dari pelatihan seputar digital marketing hingga coaching clinic seputar pembuatan konten dari kreator YouTube ternama seperti Arnold Poernomo, Devina Hermawan. Rangkaian acara ini juga dimeriahkan oleh sederet musisi ternama seperti Felix Irwan dan Tami Aulia.