Jelang Hari UMKM Nasional 2023, Kemenkop UKM akan Lakukan Ini
Menkop UKM Teten Masduki (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta akan menyuguhkan transformasi UMKM Masa Depan dalam rangka Hari UMKM Nasional 2023.

"Kami perlu menyiapkan UMKM untuk masuk hilirisasi nasional, bukan hanya dengan teknologi rendah agar dapat menaikkan kualitas lapangan pekerjaan yang 97 persen di antaranya disediakan oleh UMKM, oleh karenanya level mereka harus dinaikkan," kata Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki melalui keterangan resminya, Kamis, 10 Agustus.

Teten mengatakan, perayaan UMKM Nasional tahun ini menjadi momentum bagi pelaku UMKM di Tanah Air untuk unjuk gigi melalui ekosistem UMKM masa depan, baik melalui digitalisasi, kolaborasi hasil riset dan inovasi, hingga masuk ke dalam hilirisasi.

"Transformasi UMKM masa depan juga ditandai dengan masuknya UMKM pada platform digital. Hal tersebut sejalan dengan target pemerintah dalam mendorong 30 juta UMKM onboarding, yang mana saat ini lebih dari 22 juta UMKM sudah masuk ke dalam ekosistem digital," ujar dia.

Hari UMKM Nasional 2023 ini akan berisi rangkaian kegiatan yang melibatkan berbagai stakeholder dan ribuan UMKM terkurasi yang berlangsung pada 10-13 Agustus 2023 dan tersebar di Solo Raya.

Berbagai rangkaian tersebut antara lain, UMKM Expo, workshop dan talkshow bersama Google Indonesia dan YouTube, live shopping bersama Tokopedia, hingga road to Indonesia Start-Up Ecosystem Summit (ISES).

Sementara itu, Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf mengungkapkan, sejak 2017 Google telah melatih lebih dari dua juta pemilik usaha di seluruh negeri melalui program-program, seperti Gapura Digital, Women Will, dan berbagai kemitraan dengan pemerintah.

"Survei kami menunjukkan lebih dari 75 persen peserta Gapura Digital dan Women Will percaya bahwa keterampilan pemasaran digital mereka telah meningkat. Selain itu, terkait video, 73 persen pemilik bisnis kecil mengatakan kepada kami bahwa YouTube sangat penting bagi pertumbuhan bisnis mereka," ungkapnya.

Sedangkan, dalam upaya mendukung UMKM onboarding pada ekosistem digital, Kemenkop UKM bersama Tokopedia melaksanakan live shopping untuk mendukung produk unggulan UMKM pada platform marketplace.

"Untuk mendorong produk UMKM makin menjadi pilihan masyarakat, Tokopedia melakukan berbagai upaya. Salah satunya, live shopping produk unggulan UMKM bersama Kemenkop UKM di Tokopedia PLAY pada puncak perayaan Hari UMKM Nasional 2023," jelas Wakil Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Hilmi Adrianto.

Adapun puncak perayaan Hari UMKM Nasional sendiri digelar pada 12 Agustus 2023 di Pamedan Mangkunegaran dan akan dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), yang sekaligus akan meluncurkan tiga program integrasi pemerintah pusat dan daerah, yakni Transformasi Formal Usaha Mikro, Blangkon Jateng, dan Inkubasi Kewirausahaan.