Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika menganggap serius adanya konten dan aplikasi perjudian online atau slot yang terus beroperasi di Indonesia.

"Sejak pertama kali dilantik sebagai Menteri kominfo, saya langsung tancap gas memerintahkan Dirjen Aptika dan seluruh jajarannya untuk melakukan penanganan konflik judi online secara cepat dan sigap karena ini menjadi keresahan masyarakat luas," ujar Menkominfo Budi Arie Setiadi dalam konferensi persnya pada Selasa, 8 Agustus di Jakarta.

Menkominfo Budi juga mengaku bahwa Kominfo telah melakukan upaya nyata dengan memutuskan akses, serta menghapus aplikasi Higgs Domino Island dari Google Play Store dan App Store.

"Sejak Juli 2018 sampai Agustus 20023 Kominfo telah melakukan pemutusan akses dan pemblokiran terhadap 886.719 konten perjudian online, jadi rata-rata setiap harinya kami melakukan pemutusan akses terhadap 1500-2000 situs," tambah Budi.

Budi menambahkan, sejak pelantikannya sebagai Menkominfo pada Juli lalu, dia telah melakukan pemutusan akses dan melakukan pemblokiran terhadap 40.622 konten perjudian online.

Meski demikian, Budi menyadari bahwa upaya yang dia lakukan di Kominfo belum sepenuhnya dapat memberantas konten perjudian online/slot di Indonesia. Jadi, Kominfo akan terus berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk membantu penegakan hukumnya.

"Sebagai langkah konkrit saya juga akan segera secepat-cepatnya berkoordinasi dengan Bapak Kapolri untuk mendukung proses penindakan hukum pelaku perjudian online baik pengembangnya bandaranya sponsornya pihak yang mempromosikan maupun pihak pihak di belakang kegiatan perjudian online yang beroperasi di Indonesia," pungkasnya.