Bagikan:

JAKARTA - Tim Wonder Reader dari Binus International berhasil menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang lolos ke tahap 10 besar program Google Solution Challenge 2023.

Solution Challenge sendiri merupakan kompetisi tahunan yang mengajak mahasiswa untuk menciptakan solusi bagi permasalahan yang ada di komunitas lokal dengan menggunakan produk dan teknologi Google

Tim yang beranggotakan empat mahasiswa bernama Philipus Adriel Tandra (19), Aric Hernando (21), Jason Jeremy Wijadi (21), dan Jason Christian Hailianto (21) dari Jakarta ini menciptakan alat pembaca huruf Braille.

Dalam kompetisi ini, mereka membuat alat pembaca Braille menggunakan Jetpack Compose, Firebase, dan Google Cloud Text to Speech. Di mana, guru bisa langsung memasukkan soal pada aplikasi di smartphone atau laptop, yang kemudian terintegrasi pada alat untuk mengoperasikannya. 

"Kemudian, siswa bisa langsung membaca soal dan mengetik jawabannya dalam tulisan Braille pada alat,” terang Jason Christian dalam pernyataannya di blog Google.

Kerennya, alat pembaca Braille ciptaan Wonder Reader menggunakan smartphone Android sebagai landasan pengembangannya. Dengan alasan lebih mudah dioperasikan dan memiliki beragam tools untuk developer.

"Selain itu, jumlah pengguna smartphone Android di Indonesia jauh lebih banyak, terutama bagi mereka yang ada di daerah. Kami berharap alat ini bisa dimanfaatkan oleh pengajar di daerah," tambah Jason Jeremy.

Jika nantinya alat ini berhasil diproduksi secara masal, alat pembaca Braille ciptaan Wonder Reader ini diharapkan dapat menghadirkan produk ciptaan anak bangsa dengan harga yang lebih terjangkau ketimbang alat serupa yang harus diimpor.

Pada 3 Agustus mendatang, GDSC akan memilih tiga tim teratas untuk berlaga dalam sesi Demo Day. Dari kawasan Asia-Pasifik sendiri, selain Wonder Reader dari Indonesia, perwakilan lain yang masuk 10 besar berasal dari Singapura, India, dan dua perwakilan dari Korea Selatan.

Anda juga dapat mendukung dan saksikan Wonder Reader berlaga di Solution Challenge Demo Day 2023 yang disiarkan langsung pada Kamis, 3 Agustus 2023 pukul 21.00 WIB melalui kanal YouTube Google for Developers.