Bagikan:

JAKARTA – Google membuka kantor baru di Taiwan pada Kamis, 25 April 2024. Gedung yang berada di kawasan Taipei Far Eastern Telecom Park (Tpark) ini didirikan untuk mengembangkan perangkat keras Pixel, Fitbit, dan Nest.

Kantor baru ini merupakan kantor kedua yang didirikan Google di New Taipei City. Kantor pertama masih berada di kawasan yang sama dan sudah diizinkan untuk beroperasi. Kedua kantor sama-sama memiliki kapasitas untuk ribuan Googler.

Berbeda dengan gedung pertama, kantor baru di Tpark ini dibangun dengan tujuan berkelanjutan. Pasalnya, desain bangunannya menggunakan 240 panel surya fotovoltaik dan baterai yang bisa menghasilkan serta menyimpan energi di lokasi tersebut.

"Infrastruktur gedung, seperti perlengkapan yang hemat air, air yang tidak dapat diminum untuk pembilasan toilet, dan sistem penangkap air hujan, akan membantu kami mengurangi penggunaan air di gedung hingga lebih dari 60 persen," kata Google.

Perusahaan itu pun menjelaskan bahwa mereka menggunakan dapur serba-listrik yang dapat mengurangi emisi karbon dan zat pendingin dengan potensi pemanasan global terendah. Selain melindungi lingkungan, desain gedung ini juga melindungi Googler.

Tak hanya peduli kepada lingkungan, kantor perangkat keras terbaru ini juga dibangun dengan lingkungan inklusif. Artinya, para penyandang disabilitas bisa mengelilingi gedung dengan sangat mudah berkat desainnya yang sangat memudahkan.

"Mulai dari pintu otomatis dengan pembaca lencana pada ketinggian yang dapat diakses, ruang pertemuan dengan papan tanda braille, dan ruang luas untuk pengguna kursi roda. Ruang ini memungkinkan penyandang disabilitas untuk beroperasi secara mandiri," kata Google.