Google Solution Challenge 2024 Kembali Dibuka, Google Ajak Mahasiswa untuk Daftar!
Google Solution Challenge 2024 kembali digelar (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google kembali menggelar Google Solution Challenge 2024, sebuah kompetisi tahunan yang mengundang mahasiswa untuk mengembangkan solusi untuk masalah dunia nyata menggunakan satu atau beberapa produk atau platform Google. 

Melalui gelaran, para mahasiswa juga komunitas Google Developer Student Clubs di universitas seluruh dunia untuk menciptakan solusi bagi permasalahan yang ada di komunitas lokal sesuai dengan United Nations 17 Sustainable Development Goals.

Untuk mengikuti Google Solution Challenge 2024, Anda hanya perlu mendaftarkan tim Anda melalui tautan yang tersedia di blog Google Indonesia, dan kemudian kembangkan solusimu dan buat video demo berdurasi 2 menit. 

Maksimal tanggal pengiriman demo proyek Anda adalah sebelum tanggal 22 Februari 2024. Nantinya, proyek Anda akan dinilai dan akan dipilih satu solusi terbaik dari ribuan pendaftar yang ada. 

Tahun lalu, Wonder Reader dari Indonesia yang menciptakan solusi alat pembaca huruf Braille, berhasil masuk Top 3 bersama dengan Buzzbusters dari Bolivia dan HeadHome dari Singapura.

Untuk membuat alat pembaca Braille ini, Wonder Reader yang terdiri dari empat mahasiswa Indonesia, yakni Philipus Adriel Tandra (19), Aric Hernando (21), Jason Jeremy Wijadi (21), dan Jason Christian Hailianto (21), menggunakan Jetpack Compose, Firebase, dan Google Cloud Text to Speech.

Dengan solusi ini, guru bisa langsung memasukkan soal pada aplikasi di smartphone atau laptop yang kemudian terintegrasi pada alat untuk mengoperasikannya. 

Setelah itu, siswa bisa langsung membaca soal dan mengetik jawabannya dalam tulisan Braille pada alat.