Bagikan:

JAKARTA - Sebagai Wakil Presiden, Produk dan Teknik, browser Chrome selama bertahun-tahun, Parisa Tabriz mengatakan bahwa dia ingin menciptakan teknologi terbaik Google untuk semua orang. 

Dia menambahkan, Google ingin siswa memiliki alat yang dibutuhkan untuk mengekspresikan diri dan mengakses informasi dengan cara yang paling sesuai.

Karena alasan di atas, berikut adalah beberapa cara terbaru Google membuat fitur aksesibilitas langsung ke alat pendidikan miliknya. 

Menambahkan Teks Alternatif di Gmail

Anda sekarang dapat menambahkan teks alternatif di Gmail. Hal ini memungkinkan orang untuk menambahkan konteks untuk gambar, membuatnya dapat diakses oleh orang yang menggunakan pembaca layar dan membantu mereka lebih memahami dengan tepat apa yang dibagikan.

Peningkatan Pengalaman Google Documents

Google telah meningkatkan pengalaman Google Documents dengan dukungan braille. Dengan komentar dan sorotan dalam braille, siswa yang membaca Dokumen Google sekarang akan mendengar indikasi awal dan akhir untuk komentar dan sorotan di samping teks lainnya.

"Perubahan ini memudahkan orang yang menggunakan pembaca layar dan tampilan braille yang dapat disegarkan untuk berinteraksi dengan komentar dalam dokumen dan mengidentifikasi teks dengan warna latar belakang," kata Tabriz dalam blog Google. 

Selain itu, Google juga menambahkan fitur baru ke dikte di Chrome OS. Sekarang Anda dapat berbicara ke bidang teks apa pun di Chromebook hanya dengan mengklik ikon mikrofon di area status atau menekan Cari + d untuk mendikte. Fitur dikte ini dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan menulis. 

"Anda juga dapat mengedit hanya dengan menggunakan suara Anda. Cukup ucapkan "baris baru" untuk memindahkan kursor ke baris lain, "bantuan" untuk melihat daftar lengkap perintah, atau "batalkan" untuk memperbaiki kesalahan ketik atau kesalahan," tambahnya.