Bagikan:

JAKARTA - Vibe Martech Fest, konferensi pemasaran dan teknologi, memulai edisi SEA pertamanya pada 1 Agustus 2023 di Jakarta, dengan menampilkan banya pembicara ahli tentang pemanfaatan teknologi dalam memenuhi keinginan pelanggan dalam skala besar.

Dalam diskusi yang dihadiri oleh 25 pemipin industri dari berbagai negara melihat, tingginya penetrasi internet, preferensi konsumen untuk saluran digital, dan peningkatan penggunaan opsi pembayaran digital membuat merek menata ulang produk dan layanan mereka.

Tujuannya adalah agar perusahaan dapat menawarkan kenyamanan yang cepat, terpersonalisasi, dan menawarkan pengalaman pelanggan yang luar biasa untuk memenangkan persaingan.

Selain dapat menghadirkan tantangan untuk perusahaan dalam melakukan transformasi, saluran digital ternyata juga menghadirkan peluang untuk membiarkan data mendorong keputusan bisnis.

"Kenali pelanggan Anda secara mendalam melalui wawasan data dan masukan yang didapat, antisipasi kebutuhan pelanggan, dan lampaui harapan pelanggan agar lebih baik," ujar Mayank Singh, Chief Digital Officer & Vice President at Domino's Pizza Indonesia dalam panel diskusinya.

Edwin Octavana Mahaditya dari Erajaya Digital Group juga turut menyetujui bahwa saluran digital sangat penting dalam memahami kebutuhan pelanggannya.

"Seringnya, kami berfokus pada pemikiran menerapkan teknologi terbaru ketimbang memahami dasar-dasarnya. Sekarang, mari kita mulai dengan memahami siapa pelanggan kami yang paling berharga dengan CLV tertingg," tutur Edwin.

Sebagai Direktur Martechvibe, penyelenggara konferensi tersebut, Sanjay Swamy berharap diskusi ini dapat membantu pemasar di kawasan Asia Tenggara untuk menerapkan teknologi yang dapat membantu memahami pelanggan secara lebih mendalam, dan memberikan pengalaman yang berharga.