Penemuan Pertama Meteorit Boomerang: Batu dari Bumi yang Terlempar ke Luar Angkasa dan Kembali
Mteorit bumerang. (foto: dailymail)

JAKARTA - Para ahli astronomi mengumumkan penemuan pertama kali 'meteorit boomerang' - batu yang berasal dari Bumi, terlempar ke luar angkasa, dan kemudian kembali.

Meteorit, NWA 13188, ditemukan di Gurun Sahara, dan ilmuwan di Universitas Aix-Marseille di Prancis melakukan analisis baru, yang menemukan bahwa meteorit tersebut memiliki karakteristik dari planet kita.

Objek ini memiliki komposisi yang ditemukan dalam kerak Bumi dan batu vulkanik, tetapi juga unsur-unsur yang muncul hanya ketika terpapar radiasi kosmik yang energik di luar angkasa. Para peneliti percaya bahwa batu tersebut dipropel ke luar angkasa oleh dampak asteroid sekitar 10.000 tahun yang lalu.

Para pemburu meteorit menemukan batu tersebut pada tahun 2018 di Maroko, yang membuat ilmuwan menamainya Northwest Africa (NWA).

Analisis yang dipimpin oleh Jérôme Gattacceca menentukan bahwa batu tersebut memiliki 'komposisi batu andesit basal secara keseluruhan' yang ditemukan dalam batu vulkanik di seluruh dunia.

Batu tersebut juga didominasi oleh plagioklas, mineral yang mengandung aluminium, dan pirosen, mineral pembentuk batu gelap, yang menurut para ilmuwan telah menimbulkan perdebatan bahwa 'batu luar angkasa' tersebut sebenarnya bukanlah meteorit.

Namun, beberapa unsur telah berubah menjadi bentuk yang lebih ringan, yang hanya mungkin terjadi jika batu tersebut berinteraksi dengan radiasi kosmik di luar angkasa.

Salah satu petunjuk bahwa batu tersebut kembali ke Bumi dari luar angkasa adalah konsentrasi isotop yang terukur dari unsur-unsur yang telah diubah ini, yang dikenal sebagai isotop, terlalu tinggi untuk dijelaskan oleh proses yang terjadi di Bumi.

Gattacceca dan timnya menemukan jejak isotop yang terdeteksi seperti berilium-3, helium-10, dan neon-21 di NWA 13188, seperti dilaporkan oleh Space.com.

Para peneliti juga mengidentifikasi lapisan kerak fusi pada batu tersebut, yang terbentuk ketika meteorit melintasi atmosfer Bumi dan jatuh ke tanah.

"Oleh karena itu, kami menganggap NWA 13188 sebagai meteorit, yang diluncurkan dari Bumi dan kemudian terakresi kembali ke permukaannya," ungkap Gattacceca dalam sebuah pernyataan, dikutip MailOnline.

"Skenario ini sesuai dengan definisi terbaru tentang meteorit: 'Material yang diluncurkan dari benda langit yang mencapai orbit independen di sekitar Matahari atau benda langit lain, dan akhirnya terakresi kembali oleh benda asli, harus dianggap sebagai meteorit. Tentu saja, kesulitannya akan ada dalam membuktikan bahwa ini telah terjadi, tetapi batu bumi yang terpapar radiasi kosmik dan memiliki kerak fusi yang baik harus dianggap sebagai meteorit bumi yang mungkin."