OpenAI Luncurkan Fitur "Instruksi Kustom" untuk ChatGPT dalam Versi Beta
OpenAI mengumumkan peluncuran versi beta dari "instruksi kustom" untuk ChatGPT (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA -OpenAI mengumumkan peluncuran versi beta dari "instruksi kustom" untuk ChatGPT pada 20 Juli. Fitur yang sangat diminta para pengguna ini akan memungkinkan pengguna untuk membuat pengantar untuk permintaan mereka yang berisi instruksi bagi chatbot kecerdasan buatan (AI) untuk dipertimbangkan sebelum merespons pertanyaan.

Menurut sebuah postingan di blog perusahaan, fitur ini berfungsi di seluruh permintaan dan sesi, dan mencakup dukungan untuk plugin. Seperti biasanya, OpenAI meluncurkan fitur baru ini dalam versi beta, dengan menyebutkan potensi adanya hasil yang tak terduga:

"Terutama selama periode beta, ChatGPT tidak selalu akan menginterpretasikan instruksi kustom dengan sempurna — kadang-kadang mungkin mengabaikan instruksi, atau menerapkannya ketika tidak dimaksudkan."

Fitur ini merupakan langkah signifikan dalam upaya perusahaan untuk mengembangkan ChatGPT dengan metode yang menjaga batasan keamanan, sambil tetap memungkinkannya untuk "efektif mencerminkan konteks yang beragam dan kebutuhan unik dari setiap orang."

Instruksi kustom saat ini tersedia dalam versi beta untuk pelanggan ChatGPT Plus di luar Inggris Raya dan Uni Eropa. Fitur ini akan diperluas ke semua pengguna dalam "beberapa minggu mendatang."

Fitur instruksi kustom ini dapat menjadi penentu permainan bagi pengguna yang menjalankan permintaan kompleks. Di dunia kripto, fitur ini dapat menghemat banyak jam kerja dengan memungkinkan pengguna untuk memasukkan parameter pertanyaan mereka sekali untuk beberapa permintaan.

Misalnya, para pedagang dapat menetapkan kondisi pasar melalui instruksi kustom di awal hari perdagangan dan menghemat waktu dengan tidak perlu menjelaskan posisi portofolio mereka secara berulang-ulang di awal setiap permintaan.

Ini juga bisa menjadi alat yang berguna bagi mereka yang ingin membatasi respons chatbot untuk tujuan hukum dan lokal — misalnya, seorang pedagang kripto atau pengembang AI yang ingin informasi sesuai dengan kepatuhan Regulasi Perlindungan Data Umum.

Namun, seperti yang baru-baru ini dilaporkan oleh The Verge, para ahli percaya bahwa meningkatkan kompleksitas permintaan tampaknya meningkatkan kemungkinan ChatGPT menghasilkan informasi yang salah.

Terkait