Bagikan:

JAKARTA - OpenAI sekarang mengumumkan telah meluncurkan fitur Instruksi Kustom (Custom Instruction) kepada semua pengguna ChatGPT, tanpa harus berlangganan terlebih dahulu. 

"Instruksi kustom sekarang tersedia untuk pengguna ChatGPT dengan paket gratis, kecuali di UE & Inggris tempat kami akan segera meluncurkannya," tulis OpenAI dalam pengumumannya di X pada Kamis, 10 Agustus. 

Diperkenalkan pada Juli lalu khusus untuk pengguna berbayar ChatGPT Plus, fitur ini memungkinkan Anda memberikan permintaan khusus ke ChatGPT, yang ingin Anda terapkan ke setiap percakapan. 

Fitur yang sangat diminta para pengguna ini akan memungkinkan pengguna untuk membuat pengantar untuk permintaan mereka yang berisi instruksi bagi chatbot kecerdasan buatan (AI) untuk dipertimbangkan sebelum merespons pertanyaan.

OpenAI juga membagikan beberapa kasus dalam penggunaan Custom Instruction ChatGPT. Salah satunya adalah, pengembang yang menggunakan fitur ini dapat meminta chatbot untuk memberikan respon dalam bahasa yang mereka sukai. 

Atau dalam kasus pembuatan novel, Anda bisa menggunakan lembar karakter untuk membantu ChatGPT menjaga konsistensi pemahaman tokoh cerita dalam interaksi yang sedang berlangsung.

Dengan perluasan ini, pengguna ChatGPT gratis sekarang sudah bisa mencobanya melalui website, Android, atau iOS. Selain itu, instruksi kustom sekarang dapat digunakan bahkan dengan riwayat obrolan dimatikan, catatan OpenAI.

Untuk menggunakan instruksi kustom, Anda harus terlebih dahulu klik pada nama Anda lalu pilih custom instruction untuk memulai.