Apple Siap Geser Pasar ChatGPT dan Bard dengan Chatbot AI Baru
Apple tidak ingin tertinggal dari persaingan alat Kecerdasan Buatan (AI) generatif (foto: ,Unsplash / Zhang)

Bagikan:

JAKARTA - Apple ternyata tidak ingin tertinggal dari persaingan alat Kecerdasan Buatan (AI) generatif, perusahaan dilaporkan sedang mempersiapkan penantang OpenAI, Google dan Microsoft.

Menurut laporan Mark Gurman dalam buletin Power On-nya di Bloomberg, raksasa teknologi itu telah menciptakan chatbot yang secara internal disebut Apple GPT.

Meski perusahaan belum menentukan strategi untuk merilis teknologi tersebut kepada konsumen, tetapi mereka telah membangun kerangka kerjanya sendiri, yang dikenal sebagai Ajax.

Ajax diciptakan untuk membuat Model Bahasa Besar (LLM) berbasis AI dan sebagai dasar Apple GPT, mendukung penawaran serupa pada ChatGPT milik Open AI dan Bard punya Google.

Mulai dikembangkan tahun lalu, Ajax berjalan di Google Cloud dan dibangun dengan Google JAX, kerangka pembelajaran mesin raksasa pencarian.

Proyek ambisius ini dipimpin oleh John Giannandrea, kepala pembelajaran mesin dan AI perusahaan, dan Craig Federighi seorang eksekutif rekayasa perangkat lunak terkemuka Apple.

Salah seorang sumber yang mengetahui hal itu menyatakan, karyawan Apple hanya dapat menggunakan Apple GPT secara internal dengan persetujuan khusus untuk membantu pembuatan prototipe produk.

Chatbot juga dapat digunakan untuk meringkas teks dan menjawab pertanyaan berdasarkan data yang telah dilatihnya.

Mirip dengan ChatGPT, Bard dan Bing Chat, Apple GPT juga tidak menampilkan fitur tambahan apa pun yang memisahkannya dari apa yang saat ini tersedia secara komersial.

Sayangnya, tidak diketahui pasti kapan layanan tersebut dapat diluncurkan secara publik. Namun, rumor yang beredar Apple akam meluncurkan chatbotnya di tahun depan. Demikian dikutip dari TechCrunch, Kamis, 20 Juli.

Terkait