Bagikan:

JAKARTA - Mengusung Tema Terbuka, Tersebar, dan Tertata, Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) melalui platform Garudaku ESI secara resmi meluncurkan Liga Esports Nasional pada Selasa, 27 Juni. 

Liga Esports Nasional itu sendiri merupakan sebuah sistem kompetisi yang diproduksi dan dikontrol oleh PB ESI yang mengatur format, linimasa dan promosi liga beserta tim-tim yang diikutinya.

Melalui liga ini, PB ESI berharap dapat menemukan dan menghasilkan bibit-bibit unggul di dunia esports Indonesia. 

"Liga Esports ini memang merupakan program, dari misi daripada PB ESI untuk mencari bibit-bibit unggul dari seluruh masyarakat dan agar terbentuknya tim esports yang tangguh dan kuat, yang kita harapkan bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah dunia," kata Bambang Sunarwibawa, Ketua Harian PBESI dalam sambutannya. 

Dibentuk sejak 3 tahun lalu, Bambang mengatakan bahwa komunitas esports di Indonesia sudah menorehkan banyak prestasi dan penghargaan. Salah satunya adalah pada ajang SEA Games Kamboja 2023 kemarin. 

"Ekosistem esport cukup banyak, Insyaallah dengan dukungan ini Esport Indonesia mampu diperhitungkan di dunia internasional," tambahnya. 

Liga Esports Nasional yang baru diresmikan ini akan memiliki sistem yang terdiri dari beberapa tingkatan, dimulai dari Liga 3, Liga 2, dan Liga 1 Esports Nasional. Sistem Liga Esports Nasional mempunyai format hirarki dengan promosi dan degradasi liga pada tingkat yang tidak sama.

Maksud dari sistem promosi dan degradasi adalah, di mana tim yang sukses di liga mereka dapat naik lebih tinggi dalam piramida, sementara yang berada di posisi terbawah akan dapat terdegradasi lebih bawah lagi.

Memiliki total hadiah sebesar 3 miliar rupiah, Liha Esports Nasional 2023 ini bisa diikuti oleh siapapun dari kalangan manapun. Jika Anda berminat, pendaftaran akan dibuka 27 Juni — 18 Juli 2023, melalui situs resmi Garudaku.esi.

Perlu diperhatikan bahwa baik PB ESI maupun Garudaku tidak memungut biaya pendaftaran. Jadi, Anda bisa mendaftarkan diri secara gratis.