Turnamen <i>e-Sports</i> Piala Menpora 2020 Berhadiah Rp150 Juta
Ilustrasi turnamen e-sports (Photo by Stem List on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga, akan menyelenggarakan turnamen e-Sports Piala Menpora 2020. Menggandeng provider telekomunikasi Axis, Kemenpora ingin kembali menggelorakan semangat anak muda untuk terus berprestasi di masa pandemi saat ini. 

Turnamen yang merupakan inisiatif langsung Menpora Zainudin Amali, nantinya akan mempertandingkan game-game kompetitif. Berbeda dengan Piala Presiden Esports yang diikuti pemain profesional, Turnamen Piala Menpora ini akan lebih fokus untuk mencari bibit baru. 

"Piala Menpora E-Sports ini uniknya adalah pertandingan yang mewakili SMP, SMA, dan kuliah. Ini 100 persen inisiatif Pak Zainudin, tetap dirancang tidak ada off air semua dengan online yang bertujuan bahwa disituasi seperti ini tetap menjaga protokol kesehatan," kata Presiden Indonesia Esports Premier League (IESPL) Giring Ganesha, seperti dikutip dari laman Kemenpora, Kamis, 30 Juli. 

Nantinya, tim yang bertanding akan mewakili nama sekolah maupun universitas. "Targetnya bisa diikuti 10.000 peserta dengan 2.000 tim," ungkap mantan vokalis band Nidji itu.

Piala Menpora Esports 2020 sendiri mempertandingkan game kompetitif, Mobile Legends: Bang Bang. Seluruh peserta turnamen e-sports nasional ini berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah sebesar Rp 150 juta.

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 Agustus 2020 melalui situs resmi Kemenpora RI (https://pialamenporaesports.iespl.id/). Piala Menpora Esports 2020 ini rencananya akan dimulai pada akhir Agustus 2020. Dan grand final akan digelar pada tanggal 3 & 4 Oktober 2020.