Menpora Yakini Turnamen e-Sport Dapat Memunculkan Atlet Muda
Turnamen e-Sport Piala Menpora (dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendukung pelaksanaan turnamen e-sports yang digelar organisasi kepemudaan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Jawa Timur. Menurutnya, lewat turnamen semacam ini akan mampu memunculkan atlet-atlet muda.

“Mereka ini anak-anak muda yang nantinya diharapkan bisa membawa harum nama bangsa di turnamen e-sport internasional,” ujar Menpora Zinudin Amali dalam keterangannya, Minggu, 6 Juni.

E-sport Piala Menpora bertajuk “Youth E-Sport Tournament 2021” telah digelar sejak pertengahan April lalu dan penyelenggaraannya dilakukan virtual. Turnamen berhadiah total Rp200 juta itu karena dinilai sukses, bahkan pesertanya diikuti lebih dari 14 ribu tim dan sekitar 40 ribu atlet.

“Saya pernah bilang ke panitia, kalau pesertanya tidak sampai 10 ribu tim, tidak usah pakai nama Piala Menpora. Tapi, teman-teman terus meyakinkan saya dan terbukti pesertanya luar biasa,” ucap dia.

Bahkan, kata Menpora, empat tim lolos ke grand final tak ada satu pun dari Surabaya yang notabenemya tuan rumah sehingga membuktikan panitia tidak main-main dan profesional.

BACA JUGA:


- https://voi.id/olahraga/45156/turnamen-esport-piala-menpora-sukses-amali-coba-libatkan-peserta-dari-luar-negeri

- https://voi.id/teknologi/45495/unipin-riot-games-sea-gelar-pertandingan-amal-peringati-hari-kartini

- https://voi.id/teknologi/46771/i-mobile-legends-i-sampai-i-free-fire-i-jadi-cabor-esports-di-sea-games-2021

- https://voi.id/teknologi/50076/terlibat-skandal-i-live-streaming-i-atlet-btr-branz-diskors-tak-ikut-msc-2021

- https://voi.id/lifestyle/54937/pemeran-ronaldowati-nona-berlian-sakina-kini-tampil-cantik-dan-dewasa

Menpora berkesempatan menyerahkan hadiah kepada juara pertama yang diraih tim asal Jakarta yakni Victim Esport dan berhak atas hadiah Rp60 juta. Lalu juara dua diraih tim DNPro Malang (hadiah Rp40 juta, urutan ketiga tim Kings Esport Jakarta (Rp30 juta) serta di peringkat empat tim Next Level Bandung (Rp20 juta).

Di tempat sama, Ketua AMPI Jawa Timur Pranaya Yudha Mahardika bersyukur atas suksesnya penyelenggaraan e-sport dan berterima kasih kepada Menpora Zainudin Amali.

“Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama membantu. Ke depan, even seperti ini semoga tetap ada dan terselenggara,” kata dia.

Terkait