Berkat Teknologi VR Suami Ini Dipertemukan Kembali dengan Istrinya yang Sudah Meninggal
Virtual Reality (VR) pertemukan seorang suami denga almarhumah istrinya (Ubergizmo)

Bagikan:

JAKARTA - Piranti teknologi terus berkembang dengan pesat. Bahkan beberapa perusahaan teknologi dapat menghadirkan kembali sosok terkasih yang telah lama meninggal dalam wujud virtual. 

Jadi buka melalui perantaran mistis atau dukun, seorang suami di Korea Selatan berhasil bertemu kembali dengan istrinya yang telah lama meninggal. Pertemuan itu terjadi melalui perantara teknologi virtual reality (VR).

Film dokumenter yang ditampilkan MBC, Korea Selatan, menunjukan bagaimana teknologi VR dapat membantu mempertemukan seorang pria dengan istrinya yang telah wafat, seperti yang dikutip dari Ubergizmo.

Teknologi VR sudah berkembang seiring berjalannya waktu. Pada mulanya teknologi ini dirancang untuk mereka yang hobi bermain video game. Saat ini VR sudah dapat digunakan untuk sejumlah keperluan lain.

Kejadian di atas merupakan salah satu contoh penggunaan teknologi VR yang diterapkan untuk keperluan terapi. Teknologi ini digunakan untuk membantu mereka yang belum merelakan kehilangan sosok yang dicintainya.

Pria berusia 51 tahun yang bertemu istrinya itu bernama Kim Jung Soo. Tidak hanya bertemu, dia juga sempat berbincang-bincang dengan sosok istri tercinanya.

Pada mulanya, Kim Jung Soo mengungkapkan bahwa dirinya ingin bertemu lagi dengan istrinya yang sudah wafat. Melalui teknologi VR, pertemuan itu bisa diwujudkan.

Menghadirkan Avatar Sang Istri

Pusat Desain MBC membuat avatar istri Jung Soo, perusahaan berupaya mendesain kembali setiap gerak dan suara istrinya agar bisa terlihat sangat mirip. Untuk suara, MBC merekrut aktor yang memiliki suara yang sangat mirip.

Ketika seluruhnya selesai dipersiapkan, maka Kim Jung Soo dapat bertemu dengan istri tercintanya. Ia melangkah ke area green screen. Ketika ia mengenakan kacamata virtual reality, mendadak tangisnya pecah.

Dalam video tersebut tampak Kim Jung Soo sedang menggenggam tangan istrinya. Setelah itu keduanya berdansa dalam alunan musik di sebuah tempat, diperkirakan di rumah mereka.

Melansir AsiaOne, putri sulung mereka yang bernama Jong-bin mengatakan bahwa mereka ingin move one dan mencoba kehidupan baru setelah sang ibu meninggal.

“Ini harapan terakhir saya, karena itulah kami memperkenankan ayah bertemu dengan Ibu lagi,” ujar Jong-bin.