KiriminAja Luncurkan Program COD Advance, DANA COD Cair Saat Barang Dibawa Kurir
KiriminAja luncurkan program COD Advance (foto: KiriminAja)

Bagikan:

JAKARTA - Meningkatnya tren belanja online menyebar ke banyak lapisan masyarakat, seiring meningkatnya penetrasi internet dan meluasnya penggunaan teknologi digital. 

Beragamnya karakteristik masyarakat yang berbelanja online mendorong metode pembayaran yang semakin variatif agar proses transaksi semakin mudah. Terbukti dari semakin meningkatnya antusiasme masyarakat dengan metode pembayaran Cash on Delivery (COD).

Berdasarkan Laporan Statistik E-Commerce dari Badan Pusat Statistik (BPS). Dari total 17 ribu transaksi yang terjadi sepanjang tahun 2019, sebanyak 73,04 persen pembeli memilih untuk bertransaksi dengan sistem pembayaran COD, 21,2 persen bertransaksi dengan transfer bank dan 4,67 persen dengan e-wallet atau dompet digital. 

Namun, permasalahan yang sering dihadapi oleh seller saat ini yaitu lamanya proses pencairan dana dari pembayaran metode COD (Cash On Delivery). Di mana ketika pelanggan membayar dengan tunai pada saat pengiriman barang, seller harus menunggu untuk mendapatkan dana yang mereka terima. 

Oleh karena itu sepanjang tahun 2023 ini, KiriminAja membuat program-program yang mendukung berkembangnya bisnis para member. Salah satunya program baru yang akan diluncurkan COD (Cash On Delivery) Advance yaitu dana COD cair hingga 50 persen saat paket diterima kurir. 

“Kategori yang dapat menikmati program terbaru dari KiriminAja ini merupakan pemilik bisnis dengan kebutuhan pengiriman COD, pemilik bisnis online dengan pengiriman COD rata-rata 3.000 resi setiap bulannya serta mampu membuktikan potensi pengiriman 3 bulan terakhir (meliputi rekening koran) para member” ujar Senior Finance Manager KiriminAja, Oka Mahendra dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin, 12 Juni. 

Sebagai platform pertama yang menyediakan COD Advance 50 persen, CEO KiriminAja Fariz GTJ mengatakan bahwa KiriminAja akan mempertegas komitmen mereka demi kemajuan UMKM di Indonesia. 

"Kami juga akan selalu melakukan inovasi dalam pemenuhan kebutuhan pebisnis maupun seller," tambah Fariz lebih lanjut. 

Menurut Fariz, program ini akan menjadi keuntungan tersendiri, jika para pebisnis dapat menggunakan program yang ditawarkan oleh KiriminAja serta menerima pembayaran tunai pada saat pengiriman karena memungkinkan mereka meningkatkan penjualan dengan menjalin bisnis dengan para pelanggan.