Pakar Beri Rekomendasi Cara Menjaga Aset Kripto dengan Aman
Cara menjaga asek kripto agar tetap aman (foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini Kaspersky menemukan ekstensi berbahaya untuk browser Chrome, Brave, dan Opera yang memungkinkan pelaku ancaman untuk menyembunyikan notifikasi transaksi apapun yang dikirim ke korban melalui situs web ini untuk mencuri aset kripto mereka secara diam-diam. 

Selain itu, perusahaan juga mengungkapkan bahwa infeksi awal kampanye ini dimulai dengan file arsip ZIP, yang diunduh dari situs web yang tampaknya meniru portal perangkat lunak dan memungkinkan pengguna mengunduh perangkat lunak yang diinginkan (sering di-crack) secara gratis. 

"Penjahat dunia maya telah meningkatkan ekstensi dengan menambahkan kemampuan untuk mengontrolnya melalui perubahan skrip. Ini berarti bahwa mereka dapat dengan mudah mulai menargetkan aset kripto lain,” ujar Haim Zigel, analis malware di Kaspersky.

Sebagai pencegahan, Zigel menyarankan pengguna disarankan untuk secara teratur memeriksa akun online mereka untuk aktivitas yang mencurigakan dan menggunakan solusi keamanan yang andal untuk melindungi diri dari ancaman seperti ini.

Lebih lanjut lagi, untuk memaksimalkan manfaat menggunakan aset kripto dengan aman, pakar Kaspersky juga merekomendasikan beberapa hal berikut:

  • Berhati-hatilah terhadap penipuan phishing: Penipu sering kali menggunakan email phishing atau situs web palsu untuk mengelabui orang agar mengungkapkan kredensial masuk atau kunci pribadi mereka. Selalu periksa ulang URL situs web dan jangan klik tautan yang mencurigakan.
  • Jangan bagikan informasi pribadi Anda: Informasi pribadi Anda membuka kunci dompet aset kripto Anda. Jaga kerahasiaannya dan jangan pernah membaginya dengan siapa pun.
  • Edukasi diri sendiri: tetap terinformasi tentang ancaman dunia maya terbaru dan praktik terbaik untuk menjaga keamanan aset kripto Anda. Semakin banyak yang Anda ketahui tentang perlindungan siber semakin baik perlengkapan Anda untuk mencegah serangan dunia maya.
  • Riset sebelum berinvestasi: sebelum berinvestasi dalam aset kripto apa pun, teliti proyek dan tim di belakangnya secara menyeluruh. Periksa situs web proyek, white paper, dan saluran media sosial untuk memastikan bahwa proyek tersebut sah.

Gunakan solusi keamanan: solusi keamanan yang andal akan melindungi perangkat Anda dari berbagai jenis ancaman.