WordPress Luncurkan Asisten AI yang Mudahkan Para Blogger
WordPress baru saja meluncurkan asisten penulisan berbasis Kecerdasan Buatan (AI) baru (foto: dok Jetpack AI Assistant)

Bagikan:

JAKARTA - WordPress baru saja meluncurkan asisten penulisan berbasis Kecerdasan Buatan (AI) baru untuk platformnya, yang diklaim bisa mengurangi waktu dan upaya yang diperlukan dalam pembuatan konten.

Melaui kontributor utama WordPress, Automattic, alat itu dirilis dengan juluki Jetpack AI Assistant. Dirancang untuk menulis postingan blog, halaman detail, daftar terstruktur, dan tabel berdasarkan petunjuk yang diberikan oleh pengguna.

Jetpack AI Assistant dapat membuat tulisan dengan nada yang sesuai diinginkan pengguna. Seperti tulisan lucu, percaya diri, atau empati. Bahkan, nada formal juga dapat dibuatnya.

Selain itu, asisten AI di WordPress juga bisa membantu pengguna membuat judul dan ringkasan singkat untuk postingan mereka, seperti dikutip laman resmi JetPack, Kamis, 8 Juni.

Menganalisis teks yang ada untuk mengidentifikasi potensi kesalahan ejaan dan tata bahasa juga dapar dilakukan alat ini. Bahkan menerjemahkan ke dalam 12 bahasa.

Meliputi bahasa Spanyol, Prancis, China, dan Hindi. Pengguna bisa menulis dalam bahasa asli mereka dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris atau bahasa Ibu mereka.

Mirip ChatGPT, pengguna juga bisa mengobrol dengan Jetpack AI Assistant layaknya seperti rekan kerja. Pengguna dapat menambahkan asisten Jetpack AI ke editor WordPress mereka sebagai blok menggunakan pintasan blok /ai.

Saat ini, Jetpack AI Assistant masih merupakan fitur eksperimental yang dilengkapi dengan 20 permintaan gratis. Namun, setelah itu pengguna harus membayar biaya bulanan 10 dolar AS atau setara Rp149 ribuan.

Alat ini tersedia secara gratis di semua situs WordPress.com untuk waktu yang terbatas. Paket premium tidak memiliki batas atas jumlah permintaan.