Gegara Nintendo, Dolphin Harus Diblokir dari Steam
Rilis Dolphin on Steam telah ditunda tanpa batas waktu. (foto: dok. nintendo)

Bagikan:

JAKARTA - Pengembang di balik GameCube sumber terbuka dan emulator Wii, Dolphin harus menghadapi penundaan dalam rilisnya di Steam mendatang tanpa batas waktu karena peringatan dari Nintendo.

Di mana, Nintendo mengajukan keluhan dengan mengutip pelanggaran Digital Millenium Copyright Act (DMCA) kepada Valve pemilik Steam, yang mengakibatkan toko Dolphin dihapus dari Steam.

"Dengan sangat kecewa kami harus mengumumkan bahwa rilis Dolphin on Steam telah ditunda tanpa batas waktu. Kami diberitahu oleh Valve bahwa Nintendo telah mengeluarkan penghentian dan penghentian mengutip DMCA terhadap halaman Steam Dolphin, dan telah menghapus Dolphin dari Steam hingga masalah ini diselesaikan," ungkap Dolphin.

"Saat ini kami sedang menyelidiki opsi kami dan akan mendapatkan tanggapan yang lebih mendalam dalam waktu dekat," imbuhnya.

Pierre Bourdon, yang terlibat dengan Dolphin selama lebih dari 10 tahun dalam berbagai kapasitas menyatakan dalam unggahan di Mastodon, bahwa salah satu elemen yang mungkin menjadi poin Nintendo untuk membenarkan permintaannya memblokir Dophin terletak pada distribusi enkripsi disk Wii AES-128.

Alih-alih meminta pengguna untuk memberikan kuncinya sendiri, perangkat lunak tersebut justru dikirimkan dengan kunci umum Wii yang tertanam dalam kode sumbernya selama bertahun-tahun.

Jika peringatan Nintendo di bawah DMCA, pemberitahuan penghapusan tersebut harus dikirim ke penyedia layanan Valve dan kemudian harus memberi tahu pihak yang diduga melanggar.

Namun, karena surat ini hanya peringatan dan bukan pemberitahuan pelanggaran hak cipta tertentu, itu tidak mengikuti mekanisme penghapusan DMCA.

Dalam situasi pencopotan standar, tim pengembang Dolphin masih memiliki opsi untuk mengajukan pemberitahuan tanggapan kepada Valve, bila diyakini emulator tersebut tidak melanggar DMCA.

Tetapi, jika tim mengajukan gugatan balik, seperti yang dijelaskan oleh Aliansi Hak Cipta, Nintendo memiliki waktu dua minggu untuk memutuskan apakah akan menuntut. Jika tidak, Dolphin berpotensi ditambahkan kembali ke Steam.

Valve, secara sukarela memilih untuk menghapus laman toko Steam Dolphin hanya berdasarkan peringatan dari Nintendo, yang berarti satu-satunya jalan agar Dolphin kembali ke Steam, yakni melakukan diskusi dengan Valve. Demikian dikutip dari PC Gamer dan The Verge, Selasa, 30 Mei.