Bagikan:

JAKARTA - Bank of Japan (BOJ) telah merilis hasil tahap kedua dari eksperimen proof-of-concept (PoC) mata uang digital bank sentral (CBDC) dan mengkonfirmasi bahwa proyek pilot CBDC-nya diluncurkan sesuai jadwal pada bulan April.

Tahap kedua PoC berlangsung selama satu tahun, dari April 2022 hingga Maret 2023, dan mempertimbangkan fungsi-fungsi untuk melengkapi fungsi ledger dasar yang diuji dalam eksperimen tahun pertama.

Menurut laporan BOJ, tahap kedua menguji teknologi untuk mengimplementasikan batasan atas pada kepemilikan CBDC, yang dijelaskan sebagai "perlindungan yang menjamin stabilitas sistem keuangan" dalam hal terjadi pergeseran tiba-tiba dari rekening bank ke CBDC.

Hal tersebut termasuk kasus di mana seorang pengguna memiliki beberapa rekening dengan perantara yang berbeda. Kemudahan pengguna dalam memulai dan menjadwalkan pembayaran juga menjadi perhatian.

Pada bagian backend, dilakukan eksperimen dengan bahasa database dan desain ledger, dan model token nilai fleksibel diuji coba. Sistem orkestrasi diimplementasikan untuk menangani transaksi yang berulang dengan akun yang sama lebih cepat.

Eksperimen tersebut melibatkan 100.000 pengguna dengan lima perantara dan melihat beban transaksi sebesar 500 dan 3.000 transaksi per detik, dengan pembahasan tentang peningkatan skalabilitas. Privasi dipertimbangkan sepanjang eksperimen, tetapi tidak dibahas secara detail. Pembayaran offline dibahas dalam konteks pencegahan penipuan dan pemeliharaan privasi.

PoC dinyatakan berhasil mencapai hasil yang diinginkan, dan laporan tersebut mengkonfirmasi bahwa BOJ telah melanjutkan proyek pilot CBDC yang telah dijadwalkan. Proyek pilot ini akan memeriksa "aliran proses end-to-end" dan koneksi lebih lanjut dengan sistem eksternal. 

"Keputusan untuk menerbitkan CBDC harus ditentukan melalui diskusi di antara masyarakat Jepang," ungkap laporan tersebut yang dikutip Cointelegraph.

Sebuah Forum CBDC akan dibentuk untuk mendapatkan wawasan dari bisnis swasta. BOJ telah menyatakan bahwa mereka akan membuat keputusan akhir tentang penerbitan CBDC pada tahun 2026.