Elon Musk Mau Bagi-Bagi Hadiah 100 Juta Dolar AS. Buat Apa?
Elon Musk (Marssociety.org)

Bagikan:

JAKARTA - Miliarder sekaligus CEO Tesla Elon Musk, menjanjikan hadiah sebesar 100 juta dolar AS, bagi dukungan pengembangan program teknologi yang bisa menangkap emisi karbon dioksida. 

Hal ini disampaikan oleh Musk dalam cuitannya di Twitter pada Kamis 21 Januari kemarin. Ia bahkan membuat dua cuitan, melansir Reuters.

"Saya mendonasikan hadiah $100M untuk teknologi penangkapan karbon terbaik" tulisnya dalam cuitan pertama.

"Detail minggu depan," tulisnya lagi dalam cuitan kedua.

Penangkapan emisi yang memanaskan bumi, menjadi bagian penting dari banyak strategi untuk mengendalikan perubahan iklim. Namun, sejauh ini kemajuan yang dicapai pada teknologi ini sangat minim. Fokusnya baru pada pengurangan emisi, daripada menangkap karbon di udara. 

Badan Energi Internasional (IEA) akhir tahun lalu mengatakan, perlu peningkatan berarti dalam penerapan teknologi penangkapan karbon oleh seluruh negara, jika ingin memenuhi target nol emisi bersih. 

Belum ada konfirmasi dari pejabat Tesla terkait hal ini. Namun, hal ini sejalan dengan keinginan Presiden Amerika Serikat Joe Biden untuk mempercepat pengembangan teknologi penyerapan karbon, sebagai bagiannya dari rencana untuk mengatasi perubahan iklim. 

Elon Musk sendiri diketahui sebagai salah satu miliarder sekaligus pengusaha sejumlah perusahaan futuristik. Selain Tesla dengan kendaraan listrik, ia juga memimpin perusahaan roket SpaceX dan Neuralink yang mengembangkan teknologi antarmuka mesin otak dengan bandwidth sangat tinggi, untuk menghubungkan otak manusia dengan komputer.