Bitcoin Cash (BCH) Dapat Pembaruan, Ini yang Harus Kamu Tahu!
Bitcoin Cash dapat peningkatan baru. (Foto; Dok. ModernConsensus)

Bagikan:

JAKARTA – Cryptocurrency nomor 30 berdasarkan kapitalisasi pasarnya, Bitcoin Cash (BCH), baru-baru ini telah sukses di-upgrade pada ketinggian blok 792.772. Peningkatan ini hanya ditujukan untuk para pengembang saja.

Itu artinya, para pengguna atau pemilik BCH tidak perlu melakukan apa pun ketika peningkatan diterapkan. Lebih spesifiknya, upgrade tersebut hanya ditujukan untuk mereka yang aktif dalam jaringan seperti penambang dan operator saja. Mereka harus meng-upgrade perangkat lunak (software) BCH supaya kompatibel dengan perbaikan anyar. Salah satunya adalah Cashtokens.

Hal yang mesti diketahui oleh penambang dan operator BCH adalah peningkatan ini meliputi empat poin baru yaitu Cashtokens, Pay to Script Hash 32 (P2SH32), To Allow Transaction, dan Restrict Transaction Versions.

Menurut keterangan dari Coin Dance, modifikasi "Pay-to-Script-Hash-32" (P2SH32) bertindak sebagai solusi jangka panjang terhadap serangan kolisi P2SH 80-bit. Modifikasi ini memperkenalkan format alamat yang canggih yang secara eksklusif dirancang untuk smart contract, dengan langkah-langkah keamanan kriptografi yang sudah ditingkatkan.

Dengan pengenalan modifikasi "Restrict Transaction Versions", Coin Dance menjelaskan bahwa transaksi sekarang secara ketat terbatas pada nomor versi 1 atau 2. Setiap blok yang berisi transaksi yang melanggar aturan ini akan segera dibatalkan.

Cashtokens Sudah Ditunggu-tunggu Komunitas BCH

Selain itu, peningkatan Cashtokens adalah yang dinantikan oleh komunitas BCH. Pasalnya, Cashtokens bakal menghadirkan berbagai fitur penting termasuk untuk meningkatkan kemampuan jaringan Bitcoin Cash.

Melansir Bitcoin.com News, pengembang perangkat lunak Jason Dreyzehner berkomentar mengenai Cashtokens pada tanggal 2 Mei 2023. Dia menjelaskan dampak yang berpotensi jadi pengubah permainan atau game changer dari Cashtokens CHIP untuk Bitcoin Cash.

Menurut Dreyzehner, Cashtokens akan menawarkan aset digital yang kebal sensor, berbiaya rendah, yang dapat mewakili aset fisik dan berfungsi sebagai mata uang, stablecoin, sekuritas, dan lainnya. Itu artinya, Cashtokens akan memiliki peran seperti Ethereum sebagai platform smart-contract, namun lebih efisien dalam hal transaksi dan validasi blok.

Cashtokens menawarkan berbagai manfaat menarik, seperti memberdayakan individu untuk menerbitkan token yang mewakili berbagai macam barang. Selain itu, mereka membawa fungsionalitas kontrak pintar yang sebanding dengan Ethereum namun dengan keunggulan efisiensi lebih dari 1.000 kali dalam transaksi dan validasi blok.

Saat berita ini ditulis, Bitcoin Cash diperdagangkan di harga Rp1.729.900-an per BCH. Harga koin BCH mengalami kenaikan sebesar 0,9 persen dalam 24 jam terakhir, menurut data Coingecko.