Emirates Pertimbangkan Co-Pilot AI untuk Terbangkan Pesawat Penumpang di Masa Depan
Emeritas mempertimbangkan untuk memakai Co-Pilot AI di masa depan. (foto: twitter @emirates)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden maskapai Emirates, Tim Clark, mengatakan kepada CNBC bahwa di masa depan kita mungkin akan melihat pesawat dengan satu pilot. Apakah pesawat tersebut dapat terbang secara sepenuhnya otomatis? Ya, teknologi saat ini sudah cukup maju untuk itu.

Namun, ia menambahkan bahwa penumpang lebih suka berpikir bahwa ada dua pilot di kokpit. Menurut pandangannya, akan selalu ada seseorang di kokpit pesawat.

Pernyataannya muncul ketika perdebatan semakin memanas mengenai sejauh mana dan seberapa cepat teknologi kecerdasan buatan (AI) harus dikembangkan.

Untuk menegaskan seberapa penting peran pilot di kokpit, Joji Waites, kepala keselamatan penerbangan dari serikat pilot Balpa, menulis di sebuah blog: "Pilot terampil merupakan bagian dari sistem keselamatan yang rumit yang mengurangi risiko dan menjaga keselamatan penumpang. Pilot bukan hanya sekadar pengemudi pesawat - mereka adalah profesional terampil yang merupakan bagian dari sistem keselamatan yang penting untuk memastikan penumpang, awak pesawat, dan kargo tiba dengan selamat di tujuan mereka."

Ia menjelaskan bahwa pilot harus menjadi navigator, insinyur, teknisi, ahli cuaca, dan manajer layanan pelanggan.

"Dalam satu hari kerja, pilot berinteraksi dengan awak pesawat lainnya, awak darat, awak kabin, pengendali lalu lintas udara, dan penumpang, hanya sebagian dari beberapa contohnya. Seorang pilot harus mampu berkomunikasi dengan baik, tidak hanya dalam terminologi penerbangan (misalnya menggunakan radio untuk berbicara dengan pengendali lalu lintas udara), tetapi juga dalam hubungan antarpribadi," tambah Waites, dikutip Daily Mail.

Pilot harus dapat menjalin hubungan baik dengan awak pesawat dan kabin lainnya dengan mudah karena mereka sering terbang dengan kru yang berbeda. Mereka harus dapat menukar informasi dengan jelas dengan orang yang belum pernah mereka temui sebelumnya. Seorang pilot juga harus mengkomunikasikan informasi kepada penumpang.

"Selain bertanggung jawab terhadap penumpang, seorang kapten juga bertanggung jawab atas seluruh awak pesawat di dalamnya. Memahami kebutuhan mereka, batasan waktu terbang, kebutuhan istirahat, perjanjian industri, dan mendukung mereka dalam berurusan dengan penumpang adalah bagian penting dari pekerjaan tersebut," tambahnya.