<i>Blockchain</i> Ethereum Sempat Bermasalah, Pengembang Langsung Perbaiki
Ethereum sempat mengalami masalah. (Foto; Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Ethereum, salah satu blockchain terbesar di dunia, mengalami hal yang terduga. Yaitu gagal memproses transaksi selama hampir setengah jam pada 11 Mei kemarin. Para pengembang mengatakan bahwa ini adalah kejadian biasa yang terjadi pada teknologi blockchain. Hal ini tetap menjadi sorotan krena Ethereum dianggap sebagai salah satu yang paling stabil.

Masalah ini berlangsung selama sekitar 25 menit. Para pengembang Ethereum cepat tanggap dalam mengatasi masalah ini. Mereka segera memperbaiki kesalahan dan mengumumkan bahwa Ethereum sudah kembali normal. Namun, mereka juga masih melakukan penyelidikan tentang apa yang sebenarnya terjadi.

"Mainnet telah selesai difinalisasi, dan kami sedang menyelidiki insiden ini. Akan ada lebih banyak informasi yang akan datang!" kata salah satu kontributor Ethereum bernama terence.eth, kemudian dia mengatakan bahwa masalah tersebut telah teratasi.

Dilansir CryptoSlate, kontributor Ethereum lainnya bernama Superphiz mengatakan bahwa meskipun jaringan Beacon Ethereum berhenti difinalisasi, blockchain ini "dirancang supaya tangguh" terhadap masalah seperti ini. jaringan tersebut terus memproses transaksi secara parsial selama insiden terjadi.

Meskipun masalah ini belum diketahui penyebab pastinya, para pengembang mengusulkan bahwa mungkin disebabkan oleh kurangnya keragaman klien yang digunakan. Meskipun demikian, kemampuan Ethereum terbukti tangguh dan terus memproses transaksi.

Ini bukan pertama kalinya Ethereum mengalami masalah teknis. Sebelumnya pada 2016, Ethereum mengalami serangan DDOS dan gangguan terkait Infura pada November 2020. Para pengembang tetap optimis bahwa mereka dapat mengatasi masalah tersebut. Blockchain Ethereum masih dipercaya dan terus digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Walaupun terjadi masalah pada Ethereum, para pengembang berusaha keras agar sistem tetap stabil dan aman. Mereka terus melakukan perbaikan dan meningkatkan sistem agar tidak mengalami masalah yang sama di masa depan. Pengguna dapat yakin bahwa Ethereum akan terus menjadi platform yang andal dan terpercaya dalam melakukan transaksi kripto mereka.