Bagikan:

JAKARTA - Microsoft melancakan niat untuk meningkatkan pendapatan dengan meluncurkan iklan di Bing Chat. Terbukti, perusahaan baru saja mengumumkan rilis Chat API untuk penerbit, aplikasi, dan layanan online.

Antarmuka Pemrograman Aplikasi atau API tersebut dirancang untuk membantu pengguna menyesuaikan pengalaman obrolan mereka.

Artinya, pengguna akan dapat memilih format iklan berdasarkan preferensi mereka. Terlebih lagi, pengguna juga dapat memilih iklan yang ditampilkan di platform untuk mendapatkan lebih banyak interaksi dari audiens.

API baru memberi kesempatan kepada penerbit yang membuat obrolan ke dalam situs atau aplikasi mereka untuk memonetisasi menggunakan pembelajaran dari Microsoft Advertising tentang cara menayangkan iklan yang relevan dalam obrolan.

“Tujuan kami benar-benar untuk fokus dengan [penerbit] pada bagian monetisasi dan menjadi ahli di sana, dan bagi mereka untuk menghadirkan apa yang terbaik untuk audiens mereka dan menciptakan pengalaman terbaik secara keseluruhan,” kata Wakil Presiden Microsoft Advertising, Kya Sainsbury-Carter.

Raksasa teknologi yang berbasis di Redmond, Amerika Serikat (AS) itu, saat ini tengah membuka platform guna pengujian dan mengundang pengguna untuk mencobanya.

Namun, belum jelas bagaimana entri baru ini akan mengubah pengalaman pengguna dalam hal pendapatan. Microsoft sekarang sedang bekerja untuk meluncurkan iklan hotel, dengan prospek memanfaatkan perjalanan serta real estat di masa mendatang.

Dibandingkan dengan pencarian berbasis browser lainnya, respons Bing Chat relatif lebih lama. Dengan demikian, memasukkan iklan ke dalam pengalaman ini sangat bermanfaat.

"Jika Anda melakukan kueri panjang dalam pencarian tradisional, mesin pencari mana pun akan mengambil hanya beberapa kata dan mencari kata kunci tersebut dan memberikan sesuatu yang menurut Anda Anda minta,” jelas Sainsbury-Carter.

“Dengan periode percakapan yang lebih lama [dalam obrolan], masih banyak yang harus dilakukan, tetapi itu benar-benar konteks yang ingin Anda lanjutkan. Jadi, selama kami dapat menayangkan iklan yang relevan, Anda akan mengharapkan keterlibatan akan ada di sana," imbuhnya.

Bing memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif setiap hari, dan Microsoft melihat sekitar sepertiga dari pengguna tersebut menggunakan chatbot setiap hari.

Bing Chat telah terlibat dalam lebih dari setengah miliar obrolan sejak diluncurkan pada Februari. Dan 15 persen pengguna menggunakan obrolan ini untuk menghasilkan konten baru, seperti dikutip dari MarTech, Selasa, 9 Mei.