Microsoft dan AMD Rencanakan Geser Nvidia di Pasar Chip AI
Ilustrasi. (Turag Photography / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft dilaporkan menggandeng AMD dalam mengembangkan prosesor berbasis Kecerdasan Buatan (AI). Kemitraan ini diklaim sebagai strategi untuk menggeser chip GPU Nvidia yang saat ini mendominasi pasar.

Prosesor AI dengan nama kode Athena itu dikembangkan sendiri oleh Microsoft, sementara AMD memberikan dukungan finansial.

Raksasa Redmond, Amerika Serikat (AS) tersebut, dilaporkan telah membangun divisi chip dengan hampir 1.000 karyawan untuk mengerjakan Proyek Athena.

Dengan investasi sekitar 2 miliar dolar AS dari Microsoft, akan digunakan untuk pengembangan perangkat keras khusus yang digunakan pelatihan dan inferensi AI.

Seperti perusahaan teknologi besar lainnya, Microsoft akan tetap mengandalkan unit pemrosesan grafis Nvidia untuk menjalankan model AI.

Kebutuhan akan silikon yang dapat menangani AI telah menjadi lebih kritis dari sebelumnya dalam enam bulan terakhir, terutama di Microsoft, yang menyediakan sumber daya komputasi untuk chatbot ChatGPT milik OpenAI. Teknologi ini membutuhkan ribuan GPU Nvidia.

Namun, Microsoft juga membutuhkan chip untuk menjalankan aplikasinya sendiri yang menggunakan model bahasa besar GPT-4 di jantung ChatGPT.

Model bahasa besar termasuk dalam kelas teknologi AI generatif yang dapat membuat konten seperti teks sebagai respons terhadap input manusia.

Bing Chat, milik Microsoft menggabungkan model GPT-4, dan pembuat perangkat lunak telah mengumumkan program keamanan dan produktivitas yang akan menggunakannya juga.

Sebagai informasi, AMD sudah menjadi pemasok chip untuk Microsoft, serta penyedia cloud lainnya, seperti Google dan Oracle. Demikian dikutip dari CNBC Internasional dan GizChina, Sabtu, 6 Mei.