Sudah Dikonfirmasi, Microsoft Membawa Lebih Banyak Iklan di Bing Chat
Ilustrasi iklan di Bing chatbot (foto: Blog Bing)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa hari ini, banyak pengguna yang melaporkan bahwa mereka melihat adanya iklan di Bing chatbot, yang diberdayakan oleh GPT-4 tersebut. 

Menurut tangkapan layar yang diunggah di Twitter oleh pengguna dengan username @debarghya_das, Bing menyematkan tautan iklan yang relevan sebagai tanggapan atas pertanyaan aktual pengguna. 

Iklan itu tampaknya belum muncul untuk kebanyakan orang, tetapi kemungkinan besar akan muncul lebih sering dan ke lebih banyak pengguna dalam waktu dekat. 

Mengenai laporan tersebut, Microsoft Corporate VP for Search and Devices, Yusuf Mahdi  mengonfirmasi bahwa saat ini perusahaan sedang  menjajaki penempatan iklan dalam pengalaman obrolan Bing. 

"Baru-baru ini kami bertemu dengan beberapa mitra kami untuk mulai mengeksplorasi ide dan mendapatkan umpan balik tentang bagaimana kami dapat terus mendistribusikan konten dengan cara yang bermakna dalam lalu lintas dan pendapatan bagi mitra kami," tulis Mehdi dalam blog Bing. 

Jadi, untuk mitra Microsoft Start, Bing akan menempatkan teks dari konten berlisensi Microsoft Start di samping jawaban obrolan. Hal ini dimaksudkan agar Microsoft dapat berbagi pendapatan iklan mitranya. 

"Kami juga sedang menjajaki penempatan iklan dalam pengalaman chat untuk berbagi pendapatan iklan dengan partner yang kontennya berkontribusi pada respons chat," tambahnya. 

Tidak hanya itu, Microsoft juga mengatakan bahwa mereka telah menerapkan cara unik untuk mengarahkan lalu lintas ke penerbit termasuk kutipan dalam isi jawaban obrolan yang ditautkan ke sumber serta kutipan di bawah hasil obrolan untuk "pelajari lebih lanjut" dengan tautan ke sumber tambahan.  

Meski demikian, Mahdi mengaku bahwa ini masih tahap awal, Microsoft masih akan mendengar umpan balik dari pengguna untuk memaksimalkan pengalaman baru ini untuk seluruh ekosistem di masa mendatang.