Bagikan:

JAKARTA - Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan kecerdasan Alibaba Group dari China, dan mitranya Avalanche telah membangun launched bagi bisnis untuk menerapkan metaverse. 

Disebut dengan Cloudverse, ini adalah solusi end-to-end bagi bisnis untuk menyesuaikan, meluncurkan, dan memelihara ruang metaverse mereka sendiri, dan menciptakan dimensi baru untuk melibatkan pelanggan. 

Berdasarkan pengumumannya pada Kami, 4 Mei, Avalanche akan mengerjakan semua elemen blockchain termasuk tanah digital, perangkat yang dapat dikenakan, serta aset digital lainnya. Sedangkan Alibaba Cloud akan menyediakan komputasi dan penyimpanan. 

"Untuk penyediaan Cloudverse, Alibaba Cloud akan memberikan penawaran infrastruktur cloud yang dapat diskalakan, sangat efisien, dan aman, termasuk platform komputasi, penyimpanan, basis data, dan jaringan serta operasi intelijen, sementara Avalanche dan MUA DAO akan memberikan solusi untuk membangun ruang metaverse," tulis pengumuman itu. 

Dengan dirilisnya Cloudverse, Alibaba Cloud, Avalanche, dan arsitek metaverse serta penyedia middleware MUA DAO menghadirkan solusi metaverse yang sederhana, mudah disentuh, dan hemat biaya bagi industri.  

John Wu, Presiden Ava Labs berharap dengan adanya Cloudverse ini, perusahaan dapat menciptakan peluang Web3 untuk semua pelaku bisnis. 

“Cloudverse yang ditenagai oleh Avalanche menawarkan jutaan bisnis yang berhadapan langsung dengan konsumen, gateway cepat, overhead rendah, dan satu atap ke Web3. Kami berharap dapat melihat bagaimana bisnis berekspansi ke Cloudverse dan terus membangun masa depan dengan Alibaba Cloud," ujar Wu. 

Peningkatan popularitas teknologi blockchain dan metaverse memang sangat pesat. Karena itu, banyak sekali permintaan dari bisnis di kawasan Asia-Pasifik yang berencana untuk memasuki dunia Web3. 

“Melalui peluncuran launchpad metaverse di Avalanche untuk CloudVerse, kami dengan senang hati menawarkan kepada bisnis cara untuk memulai perjalanan metaverse mereka dan mendorong inovasi dan kemungkinan baru untuk bisnis mereka sambil meningkatkan pengalaman pelanggan," kata Raymond Xiao, Kepala Solusi Web3 Internasional, Intelijen Cloud Alibaba. 

"Penawaran ekstensif kami dalam komputasi awan, penyimpanan, dan jaringan mendukung masuknya bisnis ke dalam ekosistem Web3, sejalan dengan fokus kami di Alibaba Cloud untuk mendukung ekonomi digital yang terbuka." tambahnya.