Alibaba Cloud Sepakat Menambahkan Investasinya di Indonesia
Alibaba Cloud tambahkan invetasinya di Indonesia (foto: Alibaba)

Bagikan:

JAKARTA - Alibaba Cloud mengumumkan telah menambah investasinya di Indonesia, dengan memberikan lebih banyak sumber daya untuk membangun kemitraan lokal dan memperkenalkan produk dan solusi AI tambahan untuk memenuhi permintaan transformasi cerdas pelanggan lokal. 

Selain itu, Alibaba Cloud juga menghadirkan lebih banyak produk cloud yang canggih dan teknologi digital ke kota-kota di luar wilayah metropolitan Jakarta.

“Sebagai penyedia layanan cloud global pertama yang melayani pasar Indonesia sejak 2016, Alibaba Cloud telah meningkatkan sumber daya dari dalam negeri untuk memenuhi permintaan transformasi digital yang terus berkembang dari para pelanggan dan mitranya,” kata Leon Chen, Country Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence dalam pernyataan yang diterima pada Rabu, 21 Juni. 

Chen menambahkan, Alibaba akan terus berinvestasi dalam kemitraan lokal, penawaran produk, dan pelatihan talenta digital untuk memberikan nilai yang lebih nyata kepada komunitas dan industri lokal.

Saat ini, Alibaba Cloud telah mendukung ekosistem lokal yang berkembang pesat melalui lebih dari 200 mitranya di Indonesia. Tahun ini, pelanggan seperti Bank Tabungan Negara (Bank BTN), PT Jasa Angkasa Semesta (PT JAS) dan J&T Cargo juga telah memilih Alibaba Cloud sebagai penyedia jasa cloud pilihan mereka. 

Bersamaan dengan itu, Alibaba Cloud juga mengumumkan peluncuran beberapa produk dan solusi baru terkait AI di Indonesia guna membantu mendorong inovasi dan meningkatkan kinerja klien di berbagai sektor:

EasyDispatch - solusi logistik berbasis AI milik Alibaba Cloud, yang berfungsi untuk meningkatkan manajemen rantai pasokan (supply chain) sekaligus mengurangi biaya logistik. Ini adalah solusi pengiriman layanan real time yang efisien dimana fitur-fitur digabungkan secara terpusat dengan tenaga Al, dan Perencanaan Rute Kendaraan (Vehicle Route Planning). 

AnalyticDB for PostgreSQL (ADBPG) digabungkan dengan database vektor, yang menyediakan plugin pengambilan yang membantu pelanggan membuat aplikasi Generative AI (GenAI) menggunakan berbagai model bahasa yang besar. Database vektor memungkinkan pelanggan untuk mengakses data eksklusif mereka dan mengembangkan konten GenAI yang dipersonalisasi dengan cara yang lebih efisien dan hemat biaya tanpa perlu proses penyesuaian yang rumit.

Cloudverse, solusi satu atap Alibaba Cloud untuk merancang, membangun, dan mengelola ruang Metaverse untuk pelanggan, dengan sangat efisien, dan aman, solusi ini menyediakan konstruksi tempat Metaverse yang sederhana dan cepat, layanan tata kelola dan perencanaan lahan profesional, serta ekosistem terbuka untuk membantu meningkatkan keterlibatan pelanggan di Metaverse.

Terkait