HUT ke-496, Ini Penelusuran yang Paling Banyak Dicari soal Jakarta
Tren penelusuran Google terkait Jakarta satu tahun terakhir (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Turut memperingati hari ulang tahun Jakarta yang ke-496, tepat pada 22 Juni, Google membagikan beberapa informasi seputar penelusuran yang dilakukan orang-orang terkait dengan Jakarta dalam satu tahun terakhir. 

Kemeriahan perhelatan ulang tahun Jakarta ini, tidak lepas dari selebrasi pertunjukan seni dan juga festival budaya, terlebih lagi makanan. 

Banyak makanan khas Jakarta yang tidak hanya menarik bagi warga setempat, tetapi juga menarik perhatian kota di seluruh Indonesia, seperti Riau yang menjadi kota teratas yang menelusuri “cara membuat nasi uduk”. 

“Perayaan ulang tahun Jakarta merupakan momentum yang dinanti dan selalu seru dirayakan oleh masyarakat ibukota. Google Trends menunjukkan berbagai cara masyarakat untuk merayakan nya," ujar Feliciana Wienathan, Communication Manager, Google Indonesia dalam sebuah pernyataan yang diterima di Jakarta. 

Tipe makanan yang trending adalah jajan. Google menemukan bahwa penelusuran seputar kue cucur pun meningkat sebanyak lebih dari 60% dalam setahun terakhir, menjadi istilah penelusuran terpopuler di Google selama setahun ke belakang. 

Selain itu, ada juga kue pancong, yang banyak ditelusuri oleh masyarakat khususnya di DI Yogyakarta dan Jawa Tengah, sedangkan putu mayang mengalami peningkatan pencarian lebih dari 140% selama setahun terakhir.

Tak hanya makanan, minuman khas Jakarta yang juga banyak dicari khususnya warga Jakarta didominasi oleh bir pletok, es doger dan es selendang mayang. Pencarian mengenai asal dari es doger juga mengalami kenaikan hingga lebih dari 90% .

Selain itu, penelusuran seputar transportasi umum di Jakarta seperti LRT, dan TransJakarta juga mengalami kenaikan masing masing lebih dari 70%, sedangkan Jakarta MRT mengalami peningkatan lebih dari 90%. 

Tidak hanya itu, Jak Lingko yang dapat diakses masyarakat dengan tarif Rp0 juga mencuri begitu banyak perhatian warga Jakarta, dengan pencarian "Cara beli kartu Jak Lingko" mengalami peningkatan pesat (breakout) dalam setahun terakhir, dan pencarian Jalur Jak Lingko mengalami peningkatan lebih dari 110% selama setahun terakhir.