Apa Itu <i>Juice Jacking</i>: Awas Hacker Suka Menggunakannya!
Apa Itu Juice Jacking (Gambar Pete Linforth - Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernah dengar gak yang namanya juice jacking? Apakah itu sejenis jus yang ada di pasaran seperti halnya jus buah? Ya enggak lah! Lalu, apa itu juice jacking?

Apa Itu Juice Jacking

Seperti yang dilansir dari dailysocial, dibilang kalau juice jacking ialah tata cara retas dengan memodifikasi stasiun pengisian baterai buat kerja dengan memakai USB ataupun lebih lazim kita tahu dengan sebutan USB charging. USB charging yakni ketika kita melangsungkan pengisian baterai gawai kita dengan memakai kabel yang kita masukkan ke dalam port USB. Kenapa dapat begitu?

Sebab kabel yang dipakai tidak hanya bisa menghantarkan energi listrik juga berfungsi selaku penghantar data. Ilustrasi sederhananya yakni kala kita hendak memindahkan informasi yang terdapat di gawai kita ke pc hingga gawai bakal kita sambungkan ke kabel USB serta pastinya kabel itu kita sambungkan ke pc. Tidak berapa lama, bakal terdapat pemberitahuan di pc kalau ditemukan fitur terkini serta kita bisa mengakses fitur itu buat lekas memindahkan informasi. 

Jus jacking ini awal mulanya dikenal pada tahun 2011– 2012 serta sempat jadi headline kala badan keamanan nasional Amerika( NSA– National Security Agency) mengeluarkan peringatan sah untuk pegawai pemerintahan supaya tidak asal- asalan mengisi ulang baterai kerja mereka, lebih- lebih untuk mereka yang bertugas di luar negara ataupun mesti memakai komputer orang lain.

Eksperimen sosial sempat dicoba oleh Autentic8 pada rapat keamanan yang diadakan di RSA San Francisco. Mereka memasang stasiun pengisian baterai di booth mereka serta hasilnya banyak pengunjung rapat itu yang menggunakan stasiun pengisian baterai itu tetapi sayangnya cuma sedikit dari mereka yang bertanya apakah stasiun pengisian itu nyaman ataupun tidak untuk kerja mereka 

Bagaimana caranya agar terhindar dari praktek juice jacking ini ? Berikut adalah langkah-langkah pengamanan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Selalu pastikan baterai gawai Anda penuh sebelum Anda memulai aktivitas.

2. Pastikan membawa baterai cadangan.

3. Selalu bawa power bank dalam keadaan terisi bilaman diperlukan untuk mengisi baterai gawai.

4. Jika terpaksa mengisi baterai di stasiun pengisian, selalu matikan gawai Anda. Meskipun pada beberapa model gawai dalam kondisi mati pun masih dapat penyimpanan internal masih dapat diakses.

5. Gunakan kabel USB yang hanya menghantarkan daya.

6. Hindari pengisian ulang baterai gawai di tempat-tempat umum yang hanya menyediakan port USB untuk melakukan pengisian.

7. Biasakan untuk membawa charger dan kabel milik sendiri sehingga dapat terhubung langsung ke colokan listrik.

Bila dibutuhkan, Kalian bisa menginstal aplikasi tambahan di gawai Kalian sehingga paling tidak keamanan gawai bakal meningkat. Senantiasa hati- hati bila Kalian berada di tempat umum, terlebih di zaman teknologi yang telah maju semacam saat ini ini. Janganlah sempat asal- asalan menyambungkan gawai Kalian di stasiun pengisian baterai lewat USB charging yang disediakan tanpa mengenali keamanan stasiun pengisian itu. 

Jadi setelah mengetahui apa itu juice jacking, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!