Pimpinan Eksekutif Google, Microsoft, OpenAI, dan Anthropic akan Bertemu dengan Wakil Presiden AS untuk Bahas Isu Kunci AI
Wakil Presiden AS, Kamala Harris. (foto: twitter @KamalaHarris)

Bagikan:

JAKARTA - Pimpinan eksekutif Alphabet Inc's Google , Microsoft , OpenAI, dan Anthropic akan bertemu dengan Wakil Presiden AS, Kamala Harris dan pejabat tinggi pemerintahan pada Kamis 4 Mei untuk membahas isu-isu utama kecerdasan buatan (AI). Hal ini diungkapkan oleh pihak Gedung Putih.

Undangan yang dilihat oleh Reuters kepada para CEO tersebut mencatat "harapan Presiden Joe Biden bahwa perusahaan seperti Anda harus memastikan produk mereka aman sebelum membuatnya tersedia untuk masyarakat."

Kekhawatiran tentang teknologi AI yang berkembang pesat termasuk pelanggaran privasi, bias, dan kekhawatiran tentang penyebaran penipuan dan informasi yang keliru.

Pada April, Biden mengatakan bahwa masih harus dilihat apakah AI berbahaya tetapi menekankan bahwa perusahaan teknologi bertanggung jawab untuk memastikan produk mereka aman. Media sosial telah menggambarkan bahaya teknologi yang kuat tanpa perlindungan yang tepat, katanya.

Pemerintahan Biden juga telah mencari pendapat publik tentang langkah akuntabilitas yang diusulkan untuk sistem AI, karena kekhawatiran tentang dampaknya terhadap keamanan nasional dan pendidikan.

Pada Senin, 1 Mei, wakil dari Dewan Kebijakan Dalam Negeri Gedung Putih dan Kantor Kebijakan Sains dan Teknologi Gedung Putih menulis dalam sebuah posting blog tentang bagaimana teknologi ini dapat menimbulkan risiko serius bagi pekerja.

Pertemuan pada Kamis ini akan dihadiri oleh Kepala Staf Biden Jeff Zients, Wakil Kepala Staf Bruce Reed, Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan, Direktur Dewan Ekonomi Nasional Lael Brainard, dan Menteri Perdagangan Gina Raimondo, di antara lain, kata pejabat Gedung Putih yang tidak ingin disebutkan namanya.

Perusahaan-perusahaan tersebut tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar.

ChatGPT, program AI yang baru-baru ini menarik perhatian publik karena kemampuannya untuk menulis jawaban dengan cepat untuk berbagai kueri, terutama telah menarik perhatian anggota parlemen AS karena telah tumbuh menjadi aplikasi konsumen yang paling cepat berkembang dalam sejarah dengan lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan.

"Saya pikir kita harus berhati-hati dengan AI, dan saya pikir harus ada pengawasan pemerintah karena merupakan bahaya bagi masyarakat," kata Chief Executive Officer Tesla Elon Musk bulan lalu dalam sebuah wawancara televisi.