Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda adalah seorang gamers atau pecinta gim, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan platform Twitch. Dengan platform ini, Anda dapat mengunggah, melakukan siaran langsung sambil bermain gim dari berbagai platform ke ribuan pemirsa secara real time.

Di Twitch, Anda pasti memiliki Nama untuk akun Twitch Anda. Di sana, Anda dapat mengubah nama tampilan tersebut dengan mudah dan cepat. Namun, sebelum mengubah nama tampilan Anda, ada hal yang harus diperhatikan. 

Perbedaan Nama Tampilan (Display Name) dan Nama Pengguna (Username) Twitch

Perhatikan bahwa bidang Nama Tampilan sedikit berbeda dari Nama Pengguna. Nama Tampilan Anda adalah nama yang ditampilkan di profil Anda dan saat Anda berkomentar di obrolan suatu channel. Sedangkan Nama Pengguna adalah pengidentifikasi akun Anda dan berfungsi sebagai URL untuk profil Anda.

Selain itu, perlu diketahui bahwa ketika Anda mengubah nama penghina Twitch Anda, maka URL nama pengguna lama Anda tidak akan dialihkan secara otomatis ke yang baru. Jadi, pastikan untuk memperbarui tautan di semua akun sosial Anda dan beri tahu pengikut Anda. 

Cara  Mengubah Nama Pengguna (Username) Twitch

Jika Anda sudah mempertimbangkan hal di atas, maka Anda bisa langsung mengubah nama pengguna dengan mudah. Ikuti langkah berikut:

  1. Buka halaman profil Twitch Anda dengan mengklik gambar profil Anda di pojok kanan atas jendela Twitch
  2. Selanjutnya pilih Pengaturan. Jika perlu, masuk atau konfirmasi kata sandi Anda.
  3. Dari sana, klik tab Profil dan lihat di bawah bagian Pengaturan Profil untuk bidang Nama Pengguna
  4. Lalu klik ikon Pensil untuk memperbarui nama pengguna Twitch Anda. Di sini, Anda harus memiliki email yang terverifikasi
  5. Perbarui bidang Nama Pengguna dengan apa pun yang Anda suka, dan Twitch akan memberi tahu Anda jika tersedia. Pratinjau URL Saluran Baru juga muncul sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda menyukai tampilannya
  6. Klik Perbarui untuk mengonfirmasi.

Perlu dicatat bahwa Anda hanya dapat mengubah nama pengguna setiap 60 hari sekali, jadi pastikan Anda mengubahnya dengan benar sebelum mengonfirmasi. 

Nama pengguna lama akan tersedia untuk pengguna lain setelah enam bulan berlalu. Dan Anda tidak akan dapat memperoleh kembali nama lama Anda setidaknya selama enam bulan itu jika Anda berubah pikiran..