Penelitian Ungkap Kumpulan Kata Sandi yang Bisa Dipecahkan dalam Hitungan Detik
Mengetahui kata sandi yang aman digunakan (foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Hive System mengungkapkan bahwa peretas dapat memecahkan kata sandi Anda dalam hitungan detik, meskipun panjangnya lebih dari 10 karakter.

"Dengan penggunaan alat dan perangkat keras kecerdasan buatan yang mudah diakses, peretas tidak pernah berada dalam posisi yang lebih mudah untuk mendapatkan akses ke data pribadi kami. Tanpa perlindungan tambahan, saya rasa kami tidak dapat menganggap data kami aman," kata Alex Nette, CEO dan Co-founder Hive Systems, dikutip melalui DailyMail

Menurut penelitian itu, kata sandi dengan panjang 4 hingga 11 karakter dapat dipecahkan secara instan oleh peretas. Sedangkan kata sandi dengan panjang 12 karakter dapat dipecahkan dengan hanya satu detik saja. 

Lebih parahnya lagi, Nette menyebutkan bahwa kata sandi yang memiliki 18 digit pun bisa diretas hanya dengan waktu kurang dari seminggu saja.

Lebih dari itu, Hive mengatakan kata sandi yang berisikan huruf kecil bisa sedikit lebih aman. Namun, tidak dengan penggunaan huruf kecil seluruhnya. Kata sandi 11 karakter huruf kecil dapat dengan mudah dipecahkan peretas, dengan hanya 30 menit saja. 

Nah untuk itu, perusahaan menyarankan untuk mencampur huruf kecil dengan huruf besar. Karena, jika Anda menambahkan tujuh huruf kecil ke dalam 11 karakter kata sandi itu, akan membuat peretas membutuhkan lebih dari 480.000 tahun untuk memecahkannya. 

Dengan demikian, Hive menyebutkan bahwa kata sandi yang paling aman adalah yang berisi campuran angka, simbol, dan huruf kapital yang berbeda. Ini mungkin dapat dipecahkan secara instan jika panjangnya empat hingga tujuh karakter, tetapi jika menggunakan 12 karakter, maka peretas akan membutuhkan waktu 226 tahun untuk memecahkannya.

"Jika Anda menambahkan enam karakter ekstra ke kata sandi yang sama ini, peretas membutuhkan waktu 26 triliun tahun untuk membobolnya," punglas Hive Systems.