Lihat 6 Aplikasi Belajar Online yang Dilengkapi dengan Beragam Fitur Menarik
Aplikasi belajar online Kemendikbud (foto: Kemendikbud)

Bagikan:

JAKARTA - Hari ini, tepat tanggal 2 Mei diperingati Hari Guru Nasional. Tanggal tersebut ditentukan mengenang jasa Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Pendidikan Nasional, yang juga lahir di tanggal yang sama. 

Jika berbicara pendidikan, hal pertama yang terlintas di pikiran kita semua adalah Guru. Melansir laman Kemendikbud, tugas utama guru adalah mendidik, yang dalam operasionalisasinya mendidik adalah rangkaian proses mengajar, memberikan dorongan, memuji, menghukum, membentuk contoh dan membisakan.

Dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini, Anda dapat belajar bersama guru Anda secara online atau melalui aplikasi perpesanan, panggilan video, dan bahkan melalui aplikasi belajar online. 

Di Indonesia sendiri, kita memiliki banyak platform belajar online, untuk membantu siswa belajar dari mana pun mereka berada. Berikut ini adalah daftar platform belajar online yang bisa Anda coba. 

Rumah Belajar

Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran online yang dikembangkan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud). Di sana, Anda dapat menemukan konten pembelajaran yang berbasis audio, video, gambar, dan animasi yang disajikan secara interaktif. 

Adapun fitur dari Rumah Belajar di antara lain adalah Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan lainnya yang bisa diakses untuk mendukung proses pembelajaran guru dan siswa.

Ruangguru

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Ruangguru telah memiliki lebih dari 22.000.000 pengguna serta mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Di sana, Anda bisa menemukan layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.

Zenius

Didirikan sejak tahun 2004, Zenius merupakan aplikasi belajar online yang bisa membantu Anda menyiapkan materi sekolah dan fokus persiapan ujian, dari PTS, PAS, PAT, UTBK, sampai Ujian Mandiri (SIMAK UI, UM UGM, dan lain-lain.

Di sini, Anda dapat belajar jarak jauh secara interaktif bersama dengan tutor terbaik di bidangnya. Selain itu, ada juga video pelajaran yang dikemas dalam bentuk animasi, dan yang bisa  membuat belajar Anda semakin menyenangkan.

Kipin School 4.0

Kipin School 4.0 ialah sebuah mobile aplikasi berisi materi pelajaran K13 (buku pelajaran sekolah, video pelajaran sekolah, latihan tryout dan komik literasi) untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK + Sistem Ujian Online.

Kipin School 4.0 sangat cocok digunakan untuk murid, guru, bahkan untuk sekolah sekalipun. Sebagai murid, Anda akan mendapatkan materi pendidikan lengkap (sesuai dengan Kurikulum 2013) secara murah bahkan gratis.

Sedangkan guru akan terbantu dan dimudahkan, seperti menentukan waktu pelaksanaan ujian otomatis, ujian dapat dikerjakan melalui gadget, security lengkap agar siswa tidak curang. 

Quipper

Quipper merupakan perusahaan teknologi pendidikan yang berdiri kali pada tahun 2010 di London, Inggris. Saat ini, layanan Quipper dapat dinikmati di beberapa negara seperti Jepang, Filipina, dan Indonesia. 

Quipper sering kali digunakan sebagai pendamping dalam kegiatan pembelajaran formal. Melalui platform ini, guru dapat mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa. Sedangkan siswa dapat mengerjakan pekerjaan rumah, tugas, dan ujian secara online dengan mudah.

Sekolah.mu

Sekolah.mu adalah sekolah dengan sistem blended learning pertama di Indonesia. Kelebihan dari aplikasi ini adalah terdapat tool live streaming, di mana kita bisa belajar secara langsung. Live streaming dapat ditonton sesuai dengan jenjang pendidikan pengguna, karena aplikasi ini menyediakan banyak jenjang pendidikan. Aplikasi ini juga menawarkan program-program kurikulum sesuai kebutuhan.