Ponsel Anda Sering Lemot? Begini Cara Mengatasinya
Cara menangani ponsel lemot (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagian dari Anda mungkin sudah mengetahui bahwa salah satu alasan smartphone Anda berjalan sangat lambat adalah karena adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang. 

Menurut Kewin Charron, manajer operasi perbaikan pimpinan senior di BackMarket.com, banyaknya aplikasi berjalan 'secara diam-diam' di latar belakang itulah yang dapat memperlambat perayapan perangkat Anda. 

"Meningkatnya daya komputasi ponsel kita, dikombinasikan dengan jumlah aplikasi yang terus meningkat yang tersedia untuk diunduh, berarti pengguna ponsel saat ini menggunakan lebih banyak aplikasi daripada sebelumnya," kata Charron melansir DailyMail

Selain itu, Charron juga mengungkapkan bahwa Aplikasi yang berjalan di latar belakang ponsel Anda dapat menghabiskan RAM dan CPU ponsel.

Untungnya, di iOS maupun Android Anda dapat dengan mudah mematikan aplikasi intensif baterai dan mengoptimalkan ponsel Anda dengan beberapa penyesuaian pengaturan sederhana.

"Baik pengguna iPhone dan Android dapat menyesuaikan pengaturan mereka untuk secara otomatis mengontrol dan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang," tambahnya. 

Jika Anda pengguna Apple, cukup buka Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang dan pilih Wi-Fi & Data Seluler, atau Nonaktif untuk menghentikan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang sepenuhnya.

Sedangkan untuk melihat aplikasi apa yang berjalan di latar belakang di Android, buka Pengaturan > Opsi Pengembang > Menjalankan Layanan. Anda kemudian dapat menutup aplikasi ini dengan masuk ke Pengaturan > Aplikasi lalu pilih aplikasi yang ingin Anda hentikan, lalu ketuk Paksa Berhenti.