JAKARTA - Snap kembali dengan bisnis iklannya yang dibawa ke dua fitur paling menarik di Snapchat, yakni Spotlight dan chatbot berbasis OpenAI, My AI.
Diumumkan selama presentasinya di acara periklanan NewFronts, Snap mulai pengujian iklan di Spotlight tahun lalu, tetapi sekarang ia akan meluncurkannya secara global.
Tentu saja langkah ini cukup berarti bagi Snap, di mana bisnis iklannya yang telah mengalami penurunan penjualan untuk pertama kalinya sebagai perusahaan publik, meskipun pengguna Snapchat meningkat 15 persen dari tahun ke tahun menjadi 383 juta.
Spotlight sendiri, yang memberi penghargaan kepada pembuat video pendek populer, memiliki lebih dari 350 juta pengguna bulanan menurut perusahaan.
Lebih lanjut, Snap juga menghadirkan iklan ke My AI. Chatbot ini akan dapat menampilkan tautan sponsor secara langsung dalam obrolan dengan pengguna.
Perusahaan mengatakan tautan sponsor dimaksudkan agar relevan dengan percakapan. Misalnya, jika pengguna bertanya rekomendasi restoran untuk makan malam, maka My AI kemudian dapat mengembalikan tautan yang disponsori oleh restoran lokal atau aplikasi pengiriman makanan.
BACA JUGA:
Jika pengguna berbicara tentang perjalanan akhir pekan, My AI dapat mengembalikan tautan sponsor dari maskapai penerbangan atau hotel. Atau jika pengguna berbicara tentang video gim, pengguna mungkin menerima tautan ke gim serupa dari retailer lokal.
Snap mengingatkan pengguna, di mana platform menyimpan percakapan AI mereka hingga pengguna menghapusnya secara manual, seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu, 3 Mei.
Terakhir, Snap juga menyediakan paket sponsor olahraga utama yang akan membantu pemasar aktif di Snapchat selama beberapa acara olahraga terbesar di dunia.
Seperti Pertandingan Olimpiade Paris 2024 NBCUniversal dan Piala Dunia Wanita mendatang, yang akan hadir berupa konten eksklusif di seluruh Stories, Spotlight, and Camera.