Bagikan:

JAKARTA - Sudah tidak diragukan lagi, hampir semua orang tahu dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan juga ChatGPT. Dengan chatbot dari OpenAI ini, Anda dapat melakukan percakapan seperti manusia pada umumnya. 

ChatGPT yang dibuat dengan AI menggunakan model bahasanya mampu menjawab berbagai pertanyaan dan membantu tugas seperti menulis email, esai, dan kode.

Tapi, tahukah Anda kalau Anda dapat menyimpan catatan riwayat eksekusi dan data Anda dengan ChatGPT? Anda dapat mengekspor data ChatGPT dengan sangat mudah.

Jika Anda ingin mengekspor data ChatGPT Anda, berikut ini adalah proses sederhana yang bisa Anda lakukan dengan hanya beberapa menit saja:

  1. Buka chat.openai.com dan masuk ke akun Anda
  2. Klik elipsis sesuai dengan nama akun Anda di tab kanan
  3. Pilih Pengaturan dari menu
  4. Klik Perlihatkan sejalan dengan Kontrol Data
  5. Klik Ekspor data
  6. Konfirmasi ekspor dengan mengklik tombol Konfirmasi ekspor

Perlu diketahui bahwa memproses ekspor data dapat memakan waktu lama, tergantung dengan jumlah data yang Anda miliki. Setelah data Anda siap, tautan unduhan akan dikirim ke alamat email Anda. Tautan tersebut akan kadaluarsa dalam waktu 24 jam setelah Anda menerimanya, jadi pastikan untuk mengunduhnya dalam jangka waktu tersebut.

Setelah itu, data ChatGPT yang telah Anda unduh akan diekspor sebagai file ZIP. Anda dapat mengekstrak file ZIP dengan alat unzip online gratis atau aplikasi manajemen ZIP apa pun jika komputer Anda tidak memilikinya.

Setelah mengekstrak file tersebut, Anda akan menemukan file HTML atau JSON dengan log percakapan Anda. File HTML dapat dilihat di browser, sedangkan file JSON dapat diakses dan dibaca menggunakan editor teks apa pun. 

Adapun informasi yang disertakan dalam ekspor Anda meliputi, Informasi akun Anda (nama pengguna dan alamat email), anjuran Anda telah mengirim ChatGPT, dan tanggapan untuk permintaan Anda.