Panggilan <i>Spam</i> Mengganggu Aktivitas Anda? Begini Cara Menghentikannya
Cara memblokir panggilan spam di iPhone (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pernahkah Anda menerima telepon spam di iPhone Anda? Jika pernah, mungkin hal tersebut menjadi sangat menjengkelkan dan sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir akan telepon spam itu, karena ada dua cara sederhana untuk memblokir panggilan spam di iPhone Anda. Yang pertama adalah dengan mengubah pengaturan telepon untuk mengheningkan panggilan dari nomor tak dikenal. 

Kemudian, cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi pemfilteran panggilan, yang akan memungkinkan iPhone Anda secara otomatis menghentikan panggilan dari penipuan.

Heningkan Panggilan Masuk dari Nomor Tak Dikenal di Pengaturan iPhone

Metode pertama ini merupakan cara paling mudah, tetapi tidak akan senyaman jika Anda menggunakan aplikasi pemfilteran panggilan. Karena, dengan mengaktifkan fitur ini, Anda juga akan mengheningkan panggilan dari orang yang Anda kenal dan mengalihkannya langsung ke pesan suara Anda.

Namun, cara ini efektif untuk menghindari panggilan tidak dikenal. Untuk mengaktifkannya di pengaturan iPhone, ikuti langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan di iPhone Anda lalu ketuk Telepon
  2. Gulir ke bawah dan pilih Diamkan penelepon tak dikenal
  3. Aktifkan penggeser untuk mengaktifkan setelan ini.

Gunakan Aplikasi untuk Memfilter dan Memblokir Panggilan Scam

Cara lainnya adalah menggunakan aplikasi pemfilteran. Aplikasi ini berfungsi untuk memblokir panggilan masuk dan memblokirnya atau menampilkan peringatan di layar panggilan untuk memungkinkan Anda memutuskan apakah Anda ingin menjawab.

Aplikasi pemfilteran panggilan yang bagus seperti Truecaller dan Hiya menyimpan database besar dan terbaru dari scammer yang dikenal. Biasanya, ini adalah angka yang dilaporkan oleh pengguna lain. Beberapa aplikasi yang lebih canggih juga menggunakan AI untuk menentukan apakah nomor baru yang belum ada di database milik scammer.

Setelah menginstal aplikasi pemblokir panggilan penipuan di iPhone Anda, Anda harus mengaktifkannya. Untuk melakukannya, buka aplikasi Pengaturan dan buka Telepon > Pemblokiran panggilan & identifikasi. Di sini, aktifkan penggeser di sebelah nama aplikasi untuk mengizinkannya memfilter panggilan Anda.