Bagikan:

JAKARTA - Indonesia menjadi negara dengan penduduk paling lama menggunakan internet di dunia. Menurut laporan data.ai berjudul “State of Mobile 2023,” masyarakat Indonesia mengakses internet selama 5,7 jam per hari pada 2023. Durasi ini meningkat sebesar 5,56 persen jika dibandingkan pada 2021.

Dalam mengakses internet, masyarakat diberikan sejumlah pilihan paket internet, dua di antaranya adalah paket internet kuota dan paket broadband yang disediakan oleh Internet Service Provider (ISP). 

Di antara dua pilihan itu, ternyata masyarakat Indonesia rupanya lebih memilih untuk membeli paket kuota internet. Hal tersebut mengacu pada survei yang dilakukan oleh Katadata Insight Center (KIC) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Survei ini menunjukkan, belanja kuota internet masyarakat Indonesia per bulan meningkat pada 2022. Peningkatan ini khususnya terjadi pada kelompok yang berbelanja kuota internet kurang dari Rp50.000 hingga Rp100.000 per bulan. 

Tidak heran jika masyarakat lebih memilih belanja kuota internet, karena memang terdapat sejumlah kekurangan jika menggunakan internet broadband, seperti tidak dapat digunakan untuk mobilitas tinggi, tidak semua tempat dapat masuk maupun dilayani oleh ISP broadband; seperti di wilayah pedesaan atau pedalaman, hingga pemasangan dan langganan yang terbilang mahal jika pemakaiannya tidak terlalu besar.

Namun terdapat risiko jika terlalu sering menggunakan tethering, seperti gadget yang cepat panas atau bahkan cepat rusak. Maka, alternatif dari permasalahan ini adalah masyarakat dapat menggunakan 4G LTE Router.

Keuntungan menggunakan teknologi ini yaitu mudah dipasang dan digunakan, harga yang murah karena tidak perlu jasa instalasi dan berlangganan, dapat dipindahkan sesuai kebutuhan dan keinginan sehingga cocok digunakan pada saat bepergian, hingga dapat dijadikan opsi apabila internet langganan sedang bermasalah.

“Teknologi diciptakan untuk memberikan alternatif dalam menunjang kegiatan masyarakat, seperti mengakses informasi dari internet. Pilihan alternatif tersebut tersedia di sub-brand TP-Link Indonesia, yaitu Mercusys,” kata Marketing Manager TP-Link Indonesia Danny D Gunawan.

Namun, penting juga memilih 4G LTE router yang terpercaya seperti Mercusys MB110-4G. Router ini memiliki dua mode yang dapat digunakan oleh masyarakat, yaitu mode router menggunakan ISP broadband dengan kecepatan up to 300 Mbps, serta mode 4G LTE router dengan kartu sim yang dapat digunakan sebagai cadangan broadband internet.

“Melalui produk ini, diharapkan dapat memberikan alternatif pilihan kepada masyarakat yang membutuhkan router Wi-Fi dilengkapi dengan teknologi 4G LTE untuk kebutuhan mobilisasi, seperti mudik yang dapat digunakan di mana saja dan kapan saja,” pungkas Defrie.