Empat Tips Jitu Menghindari Aplikasi Berbahaya di Google Play
Ilustrasi aplikasi yang ada di Google Play (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Laporan Kaspersky terbaru mengungkapkan  adanya proses jual beli aplikasi Google Play berbahaya yang banyak tersebar di Darknet, dengan harga yang beragam pula. 

Para peneliti menyoroti bagaimana ancaman yang dijual di Darknet bisa muncul di Google Play. Untuk mempublikasikan aplikasi berbahaya ini, biasanya penjahat dunia maya memerlukan akun Google Play dan kode pengunduh berbahaya (Google Play Loader).

“Aplikasi seluler berbahaya terus menjadi salah satu ancaman siber teratas yang menargetkan pengguna, dengan lebih dari 1,6 juta serangan seluler terdeteksi pada tahun 2022," kata Alisa Kulishenko, pakar keamanan di Kaspersky

Tampaknya dalam kasus seperti itu pengembang dapat dengan mudah menipu pembeli, tetapi di antara penjual Darknet penting untuk menjaga dan mempertahankan reputasi mereka, menjanjikan jaminan, atau menerima pembayaran setelah persyaratan perjanjian selesai. 

Untuk mengurangi risiko saat membuat kesepakatan, penjahat dunia maya sering menggunakan layanan perantara yang dikenal sebagai “escrow”, sebagai lllayanan khusus dan didukung oleh platform bayangan, atau pihak ketiga yang tidak berkepentingan dengan hasil transaksi.

Namun, agar tetap aman dari ancaman seluler, Kaspersky merekomendasikan beberapa hal berikut ini:

  • Periksa izin aplikasi yang Anda gunakan dan pikirkan dengan hati-hati sebelum mengizinkan aplikasi, terutama jika berkaitan dengan izin berisiko tinggi seperti untuk menggunakan Layanan Aksesibilitas. Satu-satunya izin yang dibutuhkan aplikasi senter adalah senter (yang bahkan tidak melibatkan akses kamera).
  • Solusi keamanan yang andal dapat membantu Anda mendeteksi aplikasi berbahaya dan adware sebelum aktivitas mencurigakan muncul di perangkat Anda
  • Pengguna iPhone memiliki beberapa kontrol privasi yang disediakan oleh Apple. Pengguna dapat memblokir akses aplikasi ke foto, kontak, dan fitur GPS jika menurut mereka izin tersebut tidak diperlukan.
  • Perbarui sistem operasi dan aplikasi penting Anda saat pembaruan tersedia. Banyak masalah keamanan dapat diselesaikan dengan menginstal versi perangkat lunak yang diperbarui. 

Terkait