Bagikan:

JAKARTA - Microsoft kembali membuat browser-nya lebih berguna dengan mengintegrasikan Bing Image Creator yang didukung Dall-E ke Edge, dengan ini pengguna dapat menghasilkan seni Kecerdasan Buatan (AI) khusus langsung di dalamnya.

"Fitur ini akan membantu Anda membuat gambar yang belum ada, didukung oleh model Dall-E terbaru dari mitra kami di OpenAI, langsung dari sidebar Microsoft Edge," ungkap perwakilan Microsoft Roger Capriotti dalam postingan blog, dikutip Senin, 10 April.

"Jika Anda pernah menemukan diri Anda membutuhkan visual yang sangat spesifik untuk posting sosial atau bahkan PowerPoint, Image Creator dapat membantu Anda menemukan apa yang Anda butuhkan. Edge sekarang menjadi browser pertama dan satu-satunya dengan generator gambar AI terintegrasi," imbuhnya.

Diketahui, Dall-E sedikit mirip dengan ChatGPT, yang dapat menghasilkan gambar melalui perintah teks. Keduanya, sama-sama besutan startup OpenAI yang didanai Microsoft selama tiga tahun terakhir.

Pengguna dapat masukkan prompt untuk gambar, seperti meminta Dall-E menghasilkan gambar kabin nyaman di hutan dengan sinar matahari mengintip melalui pepohonan, maka alat ini akan mendapatkan beberapa hasil beragam.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna memerlukan akun dan menjalankan Microsoft Edge versi terbaru. Kemudian, klik menu tiga titik di kanan atas, pilih Bantuan dan umpan balik dan Tentang Microsoft Edge.

Nantinya, pengguna akan melihat tombol Image Creator di sidebar terletak di kanan browser dengan ikon seperti lukisan kecil beserta kuas di depannya. Lalu, masukkan prompt, dan pengguna akan melihat empat opsi gambar berbeda untuk dipilih.

“Setelah Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda dapat mengunduhnya dan menambahkannya ke dokumen Anda atau mengunggahnya ke media sosial," ujar Capriotti.

Selain menambahkan Dall-E ke dalam Edge, Microsoft juga menghadirkan pembaruan mode efisiensi yang memberi pengguna kinerja baterai yang lebih baik dan lebih banyak kontrol atas cara perangkat menghabiskan daya.

Fitur ini berguna ketika baterai perangkat pengguna hampir habis, maka mode efisiensi akan aktif. Pembaruan ini juga memberi pengguna lebih banyak opsi tentang bagaimana mereka ingin menghemat masa pakai baterai.