Jumlah ATM Kripto Menurun Secara Signifikan di Seluruh Dunia
Jumlah ATM Bitcoin menurun. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pertumbuhan adopsi global Bitcoin memang terus meningkat, namun jumlah ATM fisik yang khusus untuk konversi fiat ke kripto semakin menurun. Pada bulan Maret saja, sebanyak 3.627 ATM kripto dihapus dari jaringan, sehingga total ATM menjadi 33.727.

Dalam satu dekade sejak ATM Bitcoin pertama diluncurkan pada 29 Oktober 2013, perubahan bersih mesin cryptocurrency yang diinstal dan dihapus setiap bulan kebanyakan tetap positif - mengimplikasikan bahwa total ATM kripto di seluruh dunia terus meningkat. Namun, tren ini berbalik arah, menurut data dari Coin ATM Radar.

Dilaporkan Cointelegraph, instalasi neto ATM kripto menurun selama empat bulan antara September 2022 dan Maret 2023. Namun, dengan 3.627 ATM kripto yang turun bulan lalu, Maret 2023 menonjol sebagai bulan dengan penurunan bulanan terbesar.

Jumlah mesin Bitcoin yang diinstal dari waktu ke waktu, mengungkapkan penurunan tiba-tiba dalam jumlah total ATM kripto. Pentingnya pengurangan ini sangat besar, mengingat jumlah ATM terbanyak yang diinstal dalam satu bulan adalah 2.048 - kembali pada Januari 2021.

Namun pada sisi yang positif, bulan April memecahkan tren penurunan selama tiga bulan dengan mencatatkan 37 instalasi ATM kripto pada 1 April. Pemimpin pasar saat ini dalam memproduksi ATM kripto adalah General Bytes, BitAccess, dan Genesis Coin.

Setelah kehilangan dana pelanggan dalam "insiden keamanan" pada Maret yang melihat dompet panas pelanggannya diakses, General Bytes berjanji untuk mengganti kerugian tersebut.

"Kami telah mengambil langkah-langkah segera untuk mencegah akses tidak sah ke sistem kami dan bekerja tanpa henti untuk melindungi pelanggan kami," kata General Bytes dalam sebuah pernyataan.